Berita

KSOP Sorong Siagakan Posko Angkutan Laut Lebaran, Ada Tiket Mudik Gratis

×

KSOP Sorong Siagakan Posko Angkutan Laut Lebaran, Ada Tiket Mudik Gratis

Sebarkan artikel ini
Apel Kesiagaan Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024 (1445 H) digelar di pelabuhan Sorong, Senin (25/3/2024).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Apel Kesiagaan Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024 (1445 H) digelar di pelabuhan Sorong, Senin (25/3/2024).

Apel tersebut turut dihadiri oleh oleh Staf ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan (Ekubang) George Yarangga, jajaran Dinas Perhubungan, SAR, KSOP, serta Forkopimda.

George Yarangg saat membuka posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024 mengatakan bahwa angkutan Laut Lebaran Tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar 4,37 % dibandingkan tahun 2022.

“Agar angkutan Lebaran tranportasi laut tahun ini berjalan dengan baik, lancar serta berjalan aman, tentunya untuk penyelenggaraan Angkutan harus dapat menyelenggarakan transportasi laut yang baik, lancar serta aman pula,”ujar Yarangga membacakan sambutan Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

Angkutan laut adalah salah satu pilihan transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat di daerah kepulauan dimana transportasi laut menjadi satu-satunya sarana transportasi yang tersedia.

5230
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Selain itu, angkutan laut juga menjadi solusi untuk menghindari kemacetan di jalur darat yang sering terjadi pada saat musim mudik.

“Namun, kita juga harus menyadari bahwa angkutan laut memiliki risiko yang tidak kalah besar dibandingkan dengan transportasi lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga keselamatan kapal, penumpang dan kru kapal,”katanya.

Selain itu, sambung Yarangga, perlu juga dilakukan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan perjalanan dengan baik seperti membeli tiket secara online, dan datang tidak jauh-jauh hari agar tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal.

Dalam rangka mengantisipasi permasalahan tersebut, seluruh jajaran Perhubungan Laut harus mempersiapkan angkutan laut lebaran tahun 2024 untuk menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan serta kesehatan penumpang, awak kapal, dan petugas pelabuhan.

“Saya minta kepada seluruh jajaran Perhubungan Laut, termasuk para Petugas Posko untuk dapat menjalankan tugas ini dengan dengan penuh rasa tanggung jawab, ikhlas dan sungguh-sungguh serta melaporkan perkembangannya setiap hari,”ucap Yarangga.

Sementara itu, Plt. Kepala Kantor KSOP Sorong, Ronald, menjelaskan bahwa posko tersebut dibuka mulai tanggal 26 Maret 2024 sampai dengan 25 April 2024.

“Ada berapa kapal yang nanti disiapkan, seperti kapal Pelni dan kapal perintis, Kapal-kapal perintis untuk pangkalan Sorong ada 7 yang mana 5 diantaranya dioperasikan oleh operator swasta, dan 2nya penugasan di Pelni,”ujar Ronald.

Ronald menambahkan, Kementerian perhubungan bekerjasama dengan PT. Pelni mengadakan mudik gratis untuk angkutan lebaran.

Adapun mudik gratis itu untuk rute Sorong-Ambon pada tanggal 30 Maret 2024 dengan menggunakan armada KM. Dobonsolo berkapasitas 300 orang.

“Persyaratannya kalau dulu kan ada batas usia seperti lansia dan anak sekolah, kalau sekarang bebas jadi bisa langsung daftar di Pelni. Tapi terkait persyaratannya juga masih kita bahas lagi dengan di pusat. Yang pasti mudik gratisnya nanti tanggal 30 Maret,”pungkasnya.