Tentang Kami

Teropongnews.com adalah portal media independen yang berada dibawah naungan PT Indo Teropong. Menyajikan berita sebagai sumber referensi masyarakat sesuai fakta secara lugas, tegas dan tanpa batas.

Seluruh produk berita yang diterbitkan oleh TeropongNews.com telah melalui proses verifikasi sesuai Kode Etik Jurnalis (KEJ) dan Pedoman Pemberitaan Media Siber. Ditengah cepatnya penyebaran informasi, kami lebih mementingkan kualitas informasi dengan mengedepankan keakuratan dan validasi data yang sesuai di lapangan. Jurnalis Teropongnews.com dipastikan telah memiliki kompetensi dan bersertfikat dari Dewan Pers.

Kami selalu berusaha memberikan informasi yang mudah dipahami oleh pembaca sebagai dengan data-data yang lengkap. TeropongNews.com dibangun dengan tujuan untuk menjadi corong informasi aktual bagi masyarakat tentang peristiwa yang terjadi di sekitar kita.

Sejarah

Momentum 29 September

Didirikan oleh Imam Mucholik pada 29 September 2006 di Kota Sorong, Papua Barat. dengan nama Teropong Papua, terbit secara mingguan dalam bentuk ukuran tabloid. Teropong Papua saat itu diterbitkan CV.Teropong Mediana dan berkantor di jalan Ponconoko ( Komplek Bogowonta/Sekretariat IKASAWARA) Kota Sorong, Papua Barat.

Tingginya minat baca masyarakat terhadap berita yang diterbitkan oleh Teropong Papua menuntut merubah waktu penerbitan untuk lebih cepat. Disaat itulah Teropong Papua merubah konsep produksi berita dalam bentuk tabloid mingguan menjadi harian melalui percetakan sendiri.

Momentum perubahan terbitan dari mingguan menjadi harian ditandai melalui lounching perdana surat kabar umum Teropong News pada 29 September 2012. Nama Teropong Papua secara resmi diubah menjadi Teropong News dengan alamat kantor Redaksi di Jalan Sungai Kamundan No.18 Kota Sorong, Papua Barat.

Arsip koran Teropong News ; 2012,2013.2014.2015, 2017 dan 2018

Dalam rangka mentaati Peraturan Dewan Pers  Nomor: 4/Peraturan-DP/III/2008 tentang Standar Perusahaan Pers dan Surat Edaran No. 01/SE-DP/I/2014. Tentang Pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Sejak tahun 2014 Teropong News selanjutnya diterbitkan oleh PT. Indo Teropong Akte Nomor 1 Tanggal 02 September 2013, Nomor: AHU – 00367.AH.01.01 Tahun 2014.

Sayangnya semakin berkembangnya teknologi dan mudahnya masyarakat mendapatkan informasi yang cepat dari layanan internet berdampak dengan media konvensional seperti Teropong News dalam bentuk koran mulai ditinggalkan pelangganya. Kondisi tersebut mengakibatkan menurunnya oplah dan minta baca media ini.

Walaupun demikian kondisi tersebut tetap dimanfaatkan oleh Teropong News dengan bertranformasi dari media cetak menjadi media online dan mengubah nama menjadi Teropongnews.com. Perubahan ini justru berdampak positif karena adanya kemudahan untuk menyebarkan informasi-informasi aktual tanpa batas.

Pada 29 September 2018 Teropong News menghentikan produksi cetaknya dan secara resmi beralih menjadi media Online melalui situs www.teropongnews.com

Hingga saat ini Teropongnews.com terus mengembangkan layanan-layanan informasi digital yang mudah diakses dan layak untuk dikonsumsi publik.