Berita

Bandung Kebagian Bantuan Tiga TPST Berteknologi RDF dari Kementerian PUPR

×

Bandung Kebagian Bantuan Tiga TPST Berteknologi RDF dari Kementerian PUPR

Sebarkan artikel ini
Kota Bandung mendapatkan bantuan pembangunan TPST, dari Kementerian PUPR. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Kota Bandung mendapatkan bantuan pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST), dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bantuan berupa TPST itu berada di tiga lokasi di Kota Bandung, yakni Nyengseret, Taman Tegalega dan Cicabe.

Pembangunan TPST-RDF yang dilaksanakan Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Jawa Barat merupakan bagian dari Program Improvement of Solid Waste Management to Support Metropolitan and Regional Cities Project (ISWMP).

“Kita dapat bantuan dari Kementerian PUPR pada tahun ini 3 lokasi TPST di Kota Bandung, diantaranya berlokasi di Nyengseret, Taman Tegalega dan Cicabe,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, Dudi Prayudi kepada wartawan, di Balai Kota Bandung, Selasa (22/8/2023).

Ia mengatakan, TPST tersebut nantinya akan mengolah sampah dengan hasil menjadi Refuse Derived Fuel (RDF).

5235
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Pengelolaan sampah ini, lanjut Dudi, dengan memodernisasi pembuangan limbah dengan memanfaatkan teknologi RDF, menjadikan sampah sebagai sumber energi terbarukan untuk alternatif batu bara.

“TPST ini akan mengolah sampah salah satunya menjadi RDF sebagai bahan baku pengganti batu bara,” ungkapnya.

Untuk waktu pengoperasian, ia mengatakan, saat ini dalam agenda penunjukan pihak ketiga.

“Sampai Juni 2024 kontrak pembangunannya oleh Kementerian PUPR. Selama 10 bulan pendampingan, setelah itu diserahkan ke kami (Pemkot Bandung), untuk dioperasikan dan dianggarkan pada APBD, ” ujarnya.

Untuk prototipenya, sudah dilakukan di TPST Cicukang Holis. Di tempat tersebut, mampu mereduksi sampah menjadi 10 ton per hari.

“Prototipenya itu dioperasikan di Cicukang Holis. Hanya di sana itu baru 10 ton per hari saja. Kalau di 3 lokasi ini akan meningkat kapasitasnya sekitar 100 ton bisa terolah. Sehingga bisa mengurangi sampah yang kita angkut ke Sarimukti,” tuturnya.

Ia mengakui, masih terdapat masyarakat yang menolak pembangunan, namun proses sosialisasi terus dilakukan. Bahkan Dudi menjelaskan, pihak kewilayahan pun membantu secara intens, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Ini proses sosialisasi sedang dilakukan oleh camat dan lurah, intens pendekatan. Hari ini RW, kemudian tokoh masyarakat mengajak kepada masyarakat, untuk melihat TPST Cicukang Holis,” katanya.

“Boleh jadi pemahamannya belum sampai ke situ, jadi diperlihatkan seperti ini TPST yang akan dibangun. Itu bisa menjawab kekhawatiran selama ini, mereka belum paham berkaitan dengan pengolahan sampah,” bebernya.

Ia menambahkan, pengelolaan sampah harus meliputi berbagai aspek. Mulai dari regulasi, teknologi, pembiayaan hingga partisipasi masyarakat

“Intinya pengolah sampah ini harus ada beberapa aspek. Seperti regulasi, teknologi atau teknis operasional, pembiayaan dan partisipasi masyarakat. Ini harus jalan untuk pengelolaan sampah,” ungkapnya.

Terkait jenis sampah, ia mengungkapkan, teknologi baru bisa sampah apapun. Karena nanti di TPST akan ada proses pemilahan.

“Sampahnya campur. Di situ ada proses pemilahan dulu, ada organik dan anorganik. Nanti organiknya bisa dijadikan magot, kalau food waste. Sampah lainnya bisa jadi bahan pencampur dengan bahan anorganik, yang diolah menjadi bahan yang dinamakan RDF,” ujarnya.