Berita

Jumlah KBS di Kota Bandung Bertambah 13 RW

×

Jumlah KBS di Kota Bandung Bertambah 13 RW

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, Dudi Prayudi. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Jumlah Kawasan Bebas Sampah di Kota Bandung bertambah 13 RW. Total hingga Juli 2023, KSB di Kota Bandung berjumlah 234 RW.

“Dilihat dari data bulan Juli, KBS di Bandung menjadi 234 RW KBS,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, Dudi Prayudi, kepada wartawan, di Balai kota Bandung, Senin (22/8/2023).

Meski masih 14 persen dari total keseluruhan RW di Kota Bandung, namun Dudi yakin, dengan sosialisasi dan komitmen masyarakat akan terbentuk di seluruh RW.

“Masih 14 persen dari total keseluruhan RW di Kota Bandung. Awalnya itu 10 persen, sekarang naik, ada kenaikan yang signifikan,” akunya.

Ia mengaku, masih ada kelurahan yang sama sekali belum memiliki KBS. Oleh karenanya, ia meminta komitmen aparat kewilayahan, untuk membentuk KBS.

5183
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Ada beberapa kelurahan yang sama sekali belum ada. Maka para lurah dikumpulkan untuk berkomitmen, agar bisa menghadirkan 1 RW KBS ada di wilayahnya,” ujar Dudi.

“Dengan adanya komitmen ini memudahkan pembentukan KBS. Sehingga KBS meningkat, otomatis sampah terolah lebih banyak. Ditambah lagi ada beberapa TPST yang hadir, sehingga akan mereduksi banyak sampah,” ujarnya.

Agar pembentukan KBS lebih masif, kata Dudi, memang memerlukan sosialisasi lebih intens bersama masyarakat.

“Perlu sosialiasi lebih intens dengan masyarakat, kalau bisa door to door. Diperlukan edukasi setiap rumah. Bahkan ada fasilitator di kecamatan untuk pendampingan ini, untuk bisa membantu edukasi. Minimal masyarakat paham soal pemilahan sampah,” bebernya.