Berita

Ini Tujuan Plh Wali Kota Dorong Warga Kota Bandung Kelola Sampah

×

Ini Tujuan Plh Wali Kota Dorong Warga Kota Bandung Kelola Sampah

Sebarkan artikel ini
Pengelolaan sampah yang dilakukan oleh masyarakat Kota Bandung. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mendorong masyarakat, untuk dapat mengelola sampah mulai dari sumbernya. Salah satunya dengan menjadikan Kawasan Bebas Sampah (KBS) di wilayahnya masing-masing.

Hal tersebut juga untuk mengantisipasi dampak kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti.

“Saya harapkan para pengurus RT dan RW mengedukasi masyarakat, untuk bisa menghadirkan sampah yang selesai di lingkungan,” kata Ema kepada wartawan, di Balai Kota Bandung, Selasa (22/8/2023).

Ema menilai, kebakaran TPA Sarimukti berpotensi mengganggu ritasi sampah dari Kota Bandung ke TPA Sarimukti.

“Mudah-mudahan tidak terjadi hambatan, untuk pembuangan sampah ke TPA. Artinya ada potensi penumpukan sampah di Kota Bandung,” ujarnya.

5197
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Untuk itu, lanjutnya, akselerasi KBS baru di level RW harus ditingkatkan. Saat ini terdapat 234 RW yang berstatus KBS di Kota Bandung naik dari sebelumnya 154 RW

“Alhamdulillah, ada progres dari 154 RW sekarang sudah diatas 234 RW KBS. Ini terus kita dorong, agar Bandung menjadi zero waste city. Ini harus kita lakukan secara masif,” ujarnya.

Ema menyebutkan, KBS juga menjadi tolak ukur kinerja camat dan lurah. Semakin banyak KBS di wilayahnya, maka semakin baik pula kinerjanya.

Ia berharap, kebakaran di TPA Sarimukti segera dapat ditangani dan tidak terulang lagi, sehingga ritasi pembuangan sampah tidak terganggu.

“Mudah mudahan itu tidak meluas sehingga proses ritasi ke TPA tidak terganggu,” ujarnya.

Sebelumnya, Api melahap gunungan sampah di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak Sabtu, 19 Agustus 2023. Hingga Senin, 21 Agustus 2023 api masih belum bisa dipadamkan.