BeritaDaerahParlemenPolitik

Yan Piet Homer Bantah Yulianus Isir Masuk Calon Anggota DPRD Provinsi PBD Jalur Otsus Perwakilan Ayamaru Raya

×

Yan Piet Homer Bantah Yulianus Isir Masuk Calon Anggota DPRD Provinsi PBD Jalur Otsus Perwakilan Ayamaru Raya

Sebarkan artikel ini
Intelektual Ayamaru Raya Yan Piet Homer, Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Intelektual Ayamaru Raya Yan Piet Homer membantah pengusulan nama Yulianus Isir yang masuk dalam bursa pencalonan anggota DPRD Provinsi Papua Barat Daya jalur Otsus utusan Ayamaru Raya.

Hal ini dikatakan Yan Piet karena Yulianus Isir diusulkan dari Distrik Ayamaru Timur oleh masyarakat di daerah itu bersama Kepala Distrik.

“Aspirasi dukungan masyarakat
Ayamaru Timur yang dipimpinan Kepala Distrik bersama beberapa kepala kampung terhadap saudara Yulianus Isir untuk mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi (DPRP) jalur otsus.,” ujar Yan Piet Homer, Sabtu (27/4/2024).

Yan Piet Homer mempertanyakan dukungan sepihak terhadap Yulianus Isir lalu mengatasnamakan Ayamaru Raya.

“Kenapa dukungan untuk calon anggota DPRP otsus cuma dilaksanakan di distrik Ayamaru Timur lalu mengatasnamakan wilayah Ayamaru Raya,” ungkap Yan Piet bertanya?.

Menurut Yan Piet, pemberian dukungan kepada seorang figur adalah hal yang sah-sah saja, namun kata Yan, jangan mengatasnamakan masyarakat Ayamaru Raya.

“Hanya Kepala Distrik Ayamaru Timur yang memberikan dukungan dan rekomendasi melibatkan beberapa kepala kampung, hal ini silakan saja tetapi jangan mengatasnamakan Ayamaru Raya,” tutur Homer.

Menurut Yan Piet Homer keputusan yang dilakukan secara sepihak baginya keputusan yang terlalu dini apalagi yang dilakukan adalah seorang pejabat sekelas Kepala Distrik dan kolega-koleganya adalah hal yang tidak dibenarkan.

Masih kata Yan Piet, Yulianus Isir berasal dari Kampung Jitmau Distrik Aitinyo Raya sehingga yang berhak mengusulkan dan merekomendasikan adalah Kepala Distrik Aitinyo dan Kepala-Kepala Kampung di Wilayah itu.

“Saya menilai kandidat yang di usung oleh Kepala Distrik Ayamaru Timur dan kepala kampung itu sangat keliru karena kandidat tersebut bukan berasal dari wilayah Ayamaru Raya tetapi Yulianus Isir berasal dari Kampung Jitmau Distrik Aitinyo Raya,” bebernya.

“Semestinya dia (Yulianus Isir) diusulkan dari kepala distrik dan kepala kampung di wilayah Aitinyo Raya,” sambung Yan Piet.

Sebagai Intelektual Ayamaru Raya, Yan Piet menjelaskan bahwa seharusnya Kepala Distrik dan Kepala Kampung jeli melihat rekomendasi. Karena rekomendasi dikeluarkan berdasarkan wilayah.

Oleh sebab itu rekomendasi wilayah Ayamaru Raya tidak boleh diperjualbelikan oleh kepentingan-kepentinga tertentu, kepentingan pribadi atau sekelompok orang karena ada hubungan emosional sehingga rekomendasi itu dikeluarkan dengan mudah.

Yan Piet menegaskan pernyataan yang disampaikan ke publik melalui media sudah dikoordinasikan dan sudah mendapatkan respon yang baik dari semua intelektual wilayah Ayamaru Raya.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD