Berita

Transpakuan dan Transjakarta Kerja Sama Siapkan 100 Bus Layani Warga Bogor

×

Transpakuan dan Transjakarta Kerja Sama Siapkan 100 Bus Layani Warga Bogor

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat ditemui awak media usai melepas peserta mudik gratis yang digelar oleh Pemprov DKI di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023). (Foto : Pierre Ombuh/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menerangkan terkait rencana layanan moda transportasi yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yakni Transjakarta dan Transpakuan. Sebagai akses penghubung antara kedua kota tersebut.

“Dari Cibubur itu, saat ini kami sudah melayani angkutan Transjakarta, saat ini layanan utamanya ada non-BRT (Bus Rapid Transit) dari halte Cibubur ke Cawang,” kata Syafrin kepada wartawan dikutip Senin (8/5/2023).

Kemudian, Syafrin mengungkapkan sebanyak 20 unit Transjakarta akan memiliki jam operasional rutin dalam rute tersebut mulai pukul 05.00-22.00 WIB. Di luar itu, pada jam sibuk pagi dan sore, Pemprov DKI mengoperasionalkan dua rute lainnya yaitu rute langsung Cibubur-Blok M dan Cibubur-Utara (Wilayah DKI).

“Kami operasionalkan dua rute lainnya, masing-masing 10 bus tambahan. Masyarakat pada pagi dan sore hari itu pada saat puncak (jam sibuk), itu terfasilitasi,” ungkap Syafrin.

Lebih lanjut, Syafrin juga menuturkan bahwa selain layanan tersebut nantinya akan ada dua rute Mikrotrans yang melayani dari Cibubur-Kampung Rambutan dan Cibubur-Pasar Rebo dengan sekitar 62 bus.

5235
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Jadi, nanti ada 100 lebih bus yang saat ini melayani, sehingga nanti kita harapkan, setelah ada layanan Transpakuan yang bekerja sama dengan Transjakarta dari Bogor ke Cibubur, ini disambut oleh bus-bus yang saat ini sudah melayani,” tutur Syafrin.

“Jika memang perlu ditambahkan pada saat kedatangan bus Transpakuan, itu akan kami tambahkan jumlah bus yang melayani,” sambung Syafrin.

Lantas, Syafrin kembali mengungkapkan untuk rute Cibubur ke Jakarta akan segera diuji coba yang saat ini masih dalam proses administrasi. Rute tersebut ialah Bubulak dan Baranangsiang menuju Cibubur tetapi untuk tarif, dirinya memaparkan masih dalam tahap pembahasan dengan pihak-pihal terkait.

“Mereka (masyarakat) cukup berangkat dari Bubulak atau Baranangsiang naik bus Transpakuan sampai dengan Cibubur, Cibubur lanjut dengan Transjakarta ke dalam Jakarta,” pungkas Syafrin.

Sebelumnya diberitakan TeropongNews, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengadakan pertemuan dengan Wali Kota Bogor Arya Bima, membahas soal moda transportasi massal di kedua wilayah tersebut di Balai Kota DKI, Jakarta Pusatdi Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2023).

Mereka pun telah sepakat untuk membicarakan teknis, tata caranya dan juga isu yang akan diangkat nanti akan diturunkan ke panitia teknis yang rencananya selesai di awal Desember tahun ini.