Berita

Megawati: PDIP Usung Ganjar Pranowo Capres untuk Pilpres 2024

×

Megawati: PDIP Usung Ganjar Pranowo Capres untuk Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres dari Batutulis, Bogor, Jumat (21/4/2023). (foto: tangkapan layar).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan, partainya resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) untuk bertarung pada Pilpres 2024.

Hal itu Megawati sampaikan di depan seluruh kader PDIP secara daring, dari Istana Batutulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

Saat ini Ganjar Pranowo masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng). Menurut Megawati, pencalonan pria berambut putih itu sebagai capres, sudah dilakukan sesuai dengan harapan rakyat Indonesia.

“Pada Hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 pada jam 13.45 WIB dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirohim, menetapkan saudara Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden RI dari PDIP,” kata Megawati saat mengumumkan secara daring, dipantau dari Jakarta, Jumat (21/4/2023) siang.

Megawati pun menyebut, sesuai dengan Kongres PDIP V, dirinya mendapatkan mandat dan punya hak prerogatif untuk menetapkan capres dan cawapres yang akan diusung oleh PDIP.

Presiden RI ke-5 itu pun menilai, tugas dan tanggung jawabnya sebagai Ketum PDIP bukanlah sebuah hal ringan. Sebab, harus selalu menggunakan akal budi dan mata hati, serta pikiran dalam menentukan sikap.

Bahkan, sebelum memutuskan penetapan Ganjar sebagai capres, Megawati terlebih dahulu berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDIP Prananda Prabowo, serta Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Kader dan petugas partai yang telah lama digembleng menjadi pemimpin,” kata Megawati Soekarnoputri.