Berita

Soal Tes NAPZA, Labkesda Kalsel Bakal Jajaki Kerjasama

×

Soal Tes NAPZA, Labkesda Kalsel Bakal Jajaki Kerjasama

Sebarkan artikel ini
Plt Labkesda Kalsel, Zainal Firdausy. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Terkait tes Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA), maka Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menjajaki kerjasama. Kerjasama tersebut rencananya akan dilakukan pada tahun 2023 ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Labkesda Kalsel, Zainal Firdausy mengatakan, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta sejak beberapa tahun lalu.

Sedangkan untuk tahun ini, Labkesda Kalsel akan berusaha menjajaki kerjasama mengenai pemeriksaan NAPZA untuk penerimaan mahasiswa dan mahasiswi baru.

“Biasanya kerjasamanya dalam bentuk Praktek Kerja Lapang (PKL). Namun kami akan berusaha menjajaki untuk melakukan kerjasama pemeriksaan NAPZA, untuk penerimaan mahasiswa dan mahasiswi baru di tahun ini,” ucap dia kepada wartawan, di Banjarmasin, Jumat (10/2/2023).

Lebih lanjut, Zainal mengaku, pihaknya juga akan menjajaki kerjasama dengan perusahaan-perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), instansi vertikal di lingkungan Provinsi Kalsel untuk pemeriksaan Medical Check Up (MCU) dan NAPZA.

5231
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Kerjasama itu bisa dalam bentuk tes narkoba bagi ASN, atau bisa juga sebagai persyaratan administratif penerimaan pegawai ASN maupun pegawai kontrak,” kata dia.

Untuk kesiapan kerjasama tersebut, menurut Zainal, saat ini Labkesda Kalsel sudah mempunyai peralatan dan sumber daya manusia yang berkompeten.

“Diharapkan kerjasama yang sudah dan akan dilakukan kedepannya, dapat saling menguntungkan untuk memajukan Labkesda sebagai laboratorium rujukan di Kalsel maupun di tingkat regional Kalimantan,” harapnya.

Untuk diketahui, Labkesda Kalsel juga telah menjalin kerjasama dengan pihak swasta untuk pemeriksaan lingkungan.