Berita

Polisi Klaim Berhasil Evakuasi 5 Penumpang Susi Air dan 15 Pekerja yang Disandera KKB

×

Polisi Klaim Berhasil Evakuasi 5 Penumpang Susi Air dan 15 Pekerja yang Disandera KKB

Sebarkan artikel ini
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo . (Foto: Dok Humas Polda Kalteng).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengeklaim bahwa tim gabungan TNI-Polri berhasil mengevakuasi lima penumpang pesawat Susi Air beserta 15 pekerja proyek puskesmas di Nduga, Papua Pegunungan, menggunakan helikopter.

Seperti diketahui, lima penumpang Susi Air dan 15 pekerja proyek puskesmas disebut sempat disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kagoya di Nduga.

Irjen Dedi memastikan saat ini kondisi seluruh penumpang Pesawat Susi Air dan pekerja bangunan dalam keadaan baik-baik saja.

“Lima orang penumpang Pesawat Susi Air dan 15 pekerja bangunan puskesmas di Nduga saat ini dalam kondisi sehat usai dievakuasi,” ujar Dedi dalam keterangannya kepada wartawan dikutip Teropongnews di Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Dedi melanjutkan, pada Rabu (8/2) kemarin, aparat gabungan TNI-Polri juga menelusuri hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Hal ini dilakukan untuk mencari keberadaan Philip Max Marthin, pilot Pesawat Susi Air, yang sudah hilang kontak sejak peristiwa pembakaran pesawat tersebut, Selasa (7/2/2023).

5228
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dedi berjanji akan menyampaikan perkembangan lebih lanjut terkait pencarian pilot berkewarganegaraan Selandia Baru itu.

“Pencarian terhadap Pilot Pesawat Susi Air masih terus dilakukan aparat gabungan TNI-Polri. Jika ada perkembangan lebih lanjut akan disampaikan,” katanya.

Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY hilang kontak, Selasa (7/2/2023), pukul 6.35 WIT di Lapangan Terbang Distrik Paro saat melaksanakan penerbangan dengan rute Timika-Paro-Timika. Belakangan, pesawat tersebut ditemukan dalam kondisi terbakar di landasan Lapangan Terbang Distrik Paro.

Lima penumpang pesawat milik Susi Air, yakni Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge,Meita Gwijangge, dan Wetina W disebut berhasil dievakuasi.

Sementara 15 pekerja bangunan puskesmas di Distrik Pati, Kabupaten Nduga, Papua, yang dikabarkan sempat disandera dan diancam KKB, disebut berhasil melarikan diri dan diselamatkan masyarakat. Saat ini mereka diklaim sudah dievakuasi oleh aparat gabungan TNI-Polri ke lokasi aman.