Berita

Mahfud MD Tegaskan Papua Selamanya Bagian dari NKRI

×

Mahfud MD Tegaskan Papua Selamanya Bagian dari NKRI

Sebarkan artikel ini
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam), Mahfud MD. (Foto: ig @mohmahfudmd).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam), Mahfud MD menyatakan dengan tegas akan mempertahankan Provinsi Papua dari serangan atau ancaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawah pimpinan Egianus Kogoya.

Mantan Hakim MK itu memaparkan pemerintah tidak akan segan untuk menindak KKB apabila mencoba melepaskan diri dari Indonesia.

“NKRI berdasar konstitusi dan hukum internasional, Papua adalah bagian yang sah dari NKRI, oleh sebab itu tidak ada negosiasi soal itu, dan kami akan mempertahankan serta memberantas setiap gerakan yang ingin mengambil bagian secuil pun dari NKRI,” terangnya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Mahfud menerangkan saat ini pemerintah masih terus berupaya menyelamatkan pilot Susi Air, Philip Mark Merthens asal Selandia Baru yang di sandera oleh KKB anggota Egianus Kogoya, dengan upaya komunikasi persuasif untuk menjamin keselamatan sandera.

“Kita sedang melakukan persuasi untuk bisa menyelamatkan sandra, keselamatan sandra adalah prioritas. Oleh sebab itu pendekatannya persuasi, tapi kami tidak menutup opsi lain,” imbuhnya.

5235
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Di sisi lain Mahfud menerangkan jika upaya persuasif tidak berjalan, maka Ia tidak segan menempuh langkah tegas untuk membebaskan sandera dari tangan KKB.

“Kami mau persuasi agar bisa damai dan selamat tanpa adanya keributan, tapi ga menutup opsi lain untuk melakukan tindakan pembebasan,” pungkasnya.