DPRD DKI Jakarta Kawal Aspirasi Masyarakat, untuk Tekan Angka Pengangguran

Wibi Andrino, Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta dari Partai NasDem. (Foto : dprd-dkijakartaprovgo.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Wibi Andrino menegaskan, akan terus mengawal aspirasi warga terkait dengan perluasan lapagan kerja di Jakarta.

Dalam upaya ini, DPRD DKI Jakarta terus menggenjot ketersediaan lapangan kerja melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang terus di gelar setiap tahunnya dan masuk dalam pembicaraan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024.

“Aspirasi ini lahir dari bawah ke atas, mulai dari forum Musrenbang tingkat RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota hingga Provinsi. Tentu hal ini yang perlu kita kawal, yang menjadi problem dari masyarakat Jakarta,” ujar Wibi usai rapat Forum Konsultasi Publik RKPD tahun 2024 di Balai Kota Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Lebih lanjut, politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini meminta, agar Pemerintah Provinsi (Pemprov DKI Jakarta) melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta Perdangan (KUKMP), mampu menciptakan calon tenaga kerja yang kompeten dari hasil pelatihan kewirausahaan sesuai bidangnya. Dengan begitu, warga Jakarta yang sudah melakukan pelatihan bisa turut andil dalam menciptakan lapangan kerja yang baru.

“Kita akan dorong supaya support Pemprov terhadap UMKM di tingkat RT RW lebih besar lagi,” imbuh Wibi.

Diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada tahun 2022 mencapai 410.585 jiwa.