Berita

Disdag Kalsel Dukung Kegiatan Ekspor

×

Disdag Kalsel Dukung Kegiatan Ekspor

Sebarkan artikel ini
Foto bersama saat sosialisasi Penerbangan Kargo Internasional Air Freight PT Angkasa Pura Logistik. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Sosialisasi Penerbangan Kargo Internasional Air Freight PT Angkasa Pura Logistik (APLog) dengan komitmen mendukung program pemerintah dalam kegiatan ekspor Banjarmasin – Balikpapan – Ghuangzhou – Jakarta.

Pertumbuhan ekonomi Kalsel, di Desember 2022 termasuk kategori yang tinggi di Indonesia. Sehingga perlu disadari unsur pendorong pertumbuhan ekonomi Kalsel adalah ekspor.

Kepala Disdag Provinsi Kalsel, Birhasani mengatakan, perlu melakukan peningkatan ekspor di daerah maupun di tingkat pusat, dalam rangka mengimbangi terjadinya inflasi global di dunia maupun di Indonesia.

“Kalsel memang tercatat sebagai 10 besar daerah yang berkontribusi untuk ekspor nasional,” kata Birhasani, di Banjarmasin, Rabu (22/2/2023).

Meski demikian, kata Birhasani, ekspor Kalsel menduduki 10 besar di Indonesia, yang didominasi dari hasil pertambangan sebanyak 80 persen.

5230
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengembangan potensi ekspor lainnya sehingga tidak melulu bertumpu pada hasil pertambangan yang nantinya akan habis.

Sektor lain yang bisa menjadi produk ekspor yakni perkebunan (sawit dan turunannya), kayu, karet alam, produk perikanan, dan UMKM.

“Meskipun produk UMKM ini terlihat tidak begitu besar, namun pada bulan-bulan terakhir terjadi pandemi UMKM bergerak meningkat, baik nilai maupun volumennya,” ujar Birhasani.

Birhasani mengarapkan, dengan program ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan meningkatkan gairah pengusaha ekspor di Kalsel.

“Dalam dunia bisnis kecepatan sangat mempengaruhi selain mutu prima dan produk serta kualitas bagus,” tutup Birhasani.