Berita

Ratusan Ribu Anak di Depok Jadi Sasaran Pemberian Obat Cacing

×

Ratusan Ribu Anak di Depok Jadi Sasaran Pemberian Obat Cacing

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan memaksimalkan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Cacingan tahun 2024. Ditargetkan, sebanyak 358.422 anak usia 1 hingga 12 tahun di Kota Depok mendapatkan obat cacing.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, pelaksanaan POPM cacingan dilaksanakan dua kali satu tahun dengan interval enam bulan.

Adapun pelaksanaannya melalui setiap Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas di kelurahan, dengan mendistribusikan obat cacing ke sekolah dan posyandu selama bulan Febuari hingga April.

“Tenaga kesehatan di Puskesmas akan mendatangi sekolah dan Posyandu, untuk memberikan obat cacing kepada anak usia 1 sampai 12 tahun,” kata dia kepada wartawan, di Depok, Kamis (29/2/2024).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, pelaksanaan POPM Cacingan ini merupakan intervensi spesifik dalam penanggulangan cacingan dan stunting di seluruh kabupaten dan kota. Cacingan ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing dalam tubuh manusia.

5220
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Cacingan ini termasuk salah satu yang mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yaitu gangguan pertumbuhan dan gangguan perkembangan kognitif,” ungkap Mary.

Untuk itu Mary menekankan, agar pemberian obat cacingan dapat optimal. Tentunya dengan memastikan, agar seluruhnya dikonsumsi anak-anak sebagai pencegahan infeksi cacing.

“Obat cacing ini sangat penting, untuk perbaikan gizi dan meningkatkan kekebalan tubuh anak,” tandasnya.