Berita

Peringati Harwan ke-78, Rismaharini: Generasi Penerus Bangsa Harus Bisa Kelola SDA

×

Peringati Harwan ke-78, Rismaharini: Generasi Penerus Bangsa Harus Bisa Kelola SDA

Sebarkan artikel ini
Pemkot Ambon menggelar Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan Nasional ke-78 Tahun 2023, di Halaman Parkir Balai Kota Ambon, Jumat (10/11/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan Nasional (Harwan) ke-78 Tahun 2023, di Halaman Parkir Balai Kota Ambon, Jumat (10/11/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Sekretaris Kota (Sekkot), Agus Ririmasse, dan diikuti oleh Para pimpinan OPD serta seluruh staf.

Ririmasse saat membacakan amanat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, mengatakan, Harwan tahun ini mengambil tema Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan Dan Kebodohan.

Tema ini, lanjutnya, diangkat melalui perenungan yang dalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata, mengingat masyarakat merupakan pasar yang besar, dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa, seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, dan kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus bangsa, untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara,” ungkapnya.

Rismaharini mengaku, ancaman dan tantangan ini akan dapat ditaklukan berbekal dengan semangat yang sama, seperti yang dicontohkan oleh para pejuang.

“Tidak mudah memang, tapi pasti bisa, karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan, yang jika kita ikuti, niscaya membawa jejak kemenangan,” tambahnya.

Dikatakan, semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945, yang menolak kalah dan menyerah pada keadaan, akan menyatukan bangsa Indonesia dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mewujudkan masa depan yang lebih baik.

“Bersyukur saat ini semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat, dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri,” tandas dia.