Berita

Pemkot Ambon Serahkan Lima Ranperda ke DPRD

×

Pemkot Ambon Serahkan Lima Ranperda ke DPRD

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota, Bodewin M. Wattimena, saat menyerahkan 5 usulan Ranperda, untuk dibahas bersama DPRD Kota Ambon, dalam rapat paripurna, yang digelar di Ruang Sidang Utama, Baileo Rakyat, Belakang Soya, Rabu (16/8/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, menyerahkan 5 (lima) usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk dibahas bersama DPRD Kota Ambon, dalam rapat paripurna, yang digelar di Ruang Sidang Utama, Baileo Rakyat, Belakang Soya, Rabu (16/8/2023).

Dari kelima ranperda tersebut, ada 3 (tiga) ranperda yang khusus mengatur tentang Negeri. Diantaranya, Ranperda tentang perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Kota Ambon Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Negeri; Ranperda tentang perubahan atas Perda Kota Ambon Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Penetapan Negeri di Kota Ambon; dan Ranperda tentang perubahan atas Perda Kota Ambon Nomor 10 Tahun 2017 tentang Pengangkatan, Pemilihan, Pelantikan Dan Pemberhentian Kepala Pemerintah Negeri.

“Dengan adanya perubahan pada Perda Kota Ambon Nomor 8 Tahun 2017, tentang Negeri, Perda Kota Ambon Nomor 9 tahun 2017 Tentang Penetapan Negeri Di Kota Ambon dan Peraturan Daerah Kota Ambon Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan, Pemilihan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Pemerintah Negeri, maka negeri yang tumbuh berkembang selama berabad-abad Kota Ambon memiliki hak asal-usul, hak tradisional, dan hak otonomi asli mengatur rumah tangganya sendiri,” kata PJ Wali Kota, Bodewin M. Wattimena dalam pidatonya.

Dia mengaku, negeri yang ada di Kota Ambon merupakan wadah menyatunya simbol-simbol dan nilai-nilai, yang bersumber dari adat-istiadat, agama, tradisi, seni dan budaya, serta kearifan lokal.

Semua ini, lanjut Wattimena, terwujud menjadi tata kehidupan yang khas/unik, indah, menarik, memancarkan inner power yang kuat dan cemerlang, sehingga menarik perhatian dunia.

5480
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Kebudayaan masyarakat yang khas/unik, indah, menarik, itu tercermin jelas dalam kehidupan masyarakat, yang tersebar di seluruh negeri di Kota Ambon,” ujar dia.

Wattimena menambahkan, adanya usulan ranperda tersebut dapat memberikan kontribusi sangat besar, terhadap kelangsungan kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Selain itu juga, sangat besar peranannya dalam pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara.

Untuk diketahui, dalam penyusunan draft Ranperda tentang perubahan atas Perda 8, 9, dan 10, Tahun 2017, Pemkot Ambon bekerjasama dengan Pusat Studi Hukum dan Pemerintahan Universitas Pattimura (PSHP-Unpatti) Ambon.

Dalam Rapat Paripurna tersebut, juga turut disampaikan 2 (dua) ranperda usulan legislatif, yakni tentang penyelenggaraan Menara Telekomunikasi; dan Ranperda tentang Perubahan atas Perda Kota Ambon Nomor 15 Tahun 2015, tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.