BeritaPendidikan

Hardiknas 2024, Pj. Gubernur Papua Barat Daya Dukung Keberlanjutan Merdeka Belajar

×

Hardiknas 2024, Pj. Gubernur Papua Barat Daya Dukung Keberlanjutan Merdeka Belajar

Sebarkan artikel ini
Upacara peringatan Hardiknas 2024 di alun-alun Aimas Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. (Foto:Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di alun-alun Aimas, Kabupaten Sorong, Kamis (2/5/2024).

Dalam upacara tersebut, Pj. Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad bertindak sebagai pembina upacara. Turut serta dalam upacara, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, ASN, guru, pelajar SMP, SMA, dan SMK.

Pada kesempatan itu, Pj. Gubernur membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Makarim.

“Momen ini menjadi pengingat bagi pahlawan kita dalam mencerdaskan bangsa dan membangun Indonesia yang bermartabat. Sejak diproklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia, pendidikan telah menjadi pilar utama dalam memajukan bangsa,”ujar Musa’ad.

Apalagi, sambung Musa’ad, Ki Hajar Dewantoro yang merupakan bapak Pendidikan Nasional telah menanamkan Filosofi pendidikan yang berpusat kepada murid, di mana ia mewariskan konsep Merdeka belajar yang mengharuskan murid menjadi pembelajar aktif dan mandiri. Semangat Merdeka Belajar terus digaungkan oleh Kementerian Pendidikan riset dan teknologi melalui berbagai kebijakan dan program inovatif.

“Kita telah menyaksikan transformasi pendidikan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir ini, kurikulum Merdeka telah diluncurkan untuk memberikan keleluasaan bagi sekolah dan menarik dalam belajar, guru-guru didorong untuk terus mengembangkan potensi melalui berbagai peraturan dan program pengembangan potensial, proses pendidikan juga diperluas untuk menjangkau anak-anak di daerah terpencil dan tertinggal,”terangnya.

Kendati demikian, masih ada tantangan dunia pendidikan yang menghadang, mulai dari kesenjangan mutu pendidikan yang sepenuhnya belum teratasi, hingga keterampilan yang dibutuhkan di era digital masih belum sepenuhnya dikuasai oleh murid, dan juga masih banyak anak-anak yang belum mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas.

Oleh karena itu, pada peringatan Hardiknas tahun ini saya mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk bekerja sama melanjutkan Merdeka belajar. Ia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersinergi mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berpihak pada Murid.

“Kepada para guru dan tenaga pendidik, terima kasih atas dedikasi dan pengabdiannya dalam mencerdaskan bangsa. Kalian adalah pahlawan pendidikan yang tak kenal lelah. Teruslah berinovasi dan berkarya untuk mewujudkan pendidikan yang terbaik bagi murid-murid kita. Kepada para murid, kalian adalah generasi penerus bangsa, masa depan bangsa ada di tangan kalian. Oleh karena itu Belajarlah dengan tekun, pupuklah bakat dan minat kalian, beranilah untuk bermimpi dan bercita-cita tinggi,”pungkasnya.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD