Berita

Sekolah Lansia Pertama di Kota Ambon Diluncurkan

×

Sekolah Lansia Pertama di Kota Ambon Diluncurkan

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat meluncurkan sekolah lansia, di Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Jumat (16/6/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan kini memiliki Sekolah untuk para lanjut usia (lansia).

Lembaga pendidikan non formal yang diluncurkan oleh PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, Jumat (16/6/2023) ini, menjadi yang pertama di Kota Ambon, bahkan di Provinsi Maluku.

Wattimena dalam sambutan mengatakan, sekolah lansia dibentuk atas kerjasama Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) Kota Ambon bersama BKKBN Provinsi Maluku, dalam tanggung jawab untuk mensejahterakan para lansia.

“Pada fase lansia, kualitas hidup baik dari sisi fisik dan mental semakin menurun, yang mengakibatkan produktifitas ikut menurun. Namun disisi lain, lansia telah melalui perjalanan hidup yang panjang dan kearifan, yang semuanya dapat dimanfaatkan dalam membuat karya nyata, untuk pembangunan nasional,” ujarnya.

Dikatakan, golongan lansia bukanlah beban keluarga. Sebagai golongan yang telah memiliki banyak pengalaman hidup, mereka diharapkan dapat menurunkan pengalaman kepada generasi muda, dan menjadi motor penggerak gerakan perubahan mental di keluarga masing-masing.

5480
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Sudah saatnya lansia menjadi pemimpin utama dalam rangka memberikan nasehat, himbauan dan menularkan pengalaman hidup kepada anak cucu,” jelasnya.

Dengan adanya sekolah lansia ini, lanjut Wattimena, maka pemerintah bersama stakeholder lainnya termasuk PKK, dapat memastikan para lansia ini hidup sejahtera, lahir dan batin.

“Peran kita untuk dalam meningkatkan kualitas keluarga yang memiliki lansia harus ditingkatkan, sebab usaha tersebut merupakan usaha mulia yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan BKKBN Maluku, serta Pemerintah Negeri Hutumuri dalam mengembangkan sekolah lansia yang dikelola Kelompok Bina Keluarga Lansia (KBKL) Nusa Indah.

“Saya berharap, sekolah lansia ini dijadikan wadah konsultasi, informasi dan edukasi lansia agar dapat mewujudkan lansia yang Sehat, Mandiri, Aktif, dan Bermartabat, (Smart),” kata Widya.

Sebelumnya, Kepala BKKBN Provinsi Maluku, Sarles Brabar dalam laporan menyebutkan, sekolah lansia adalah program nasional, yang diluncurkan memperingati Hari Lansia pada 29 Mei lalu.

“Sekolah lansia ini merupakan pendidikan sepanjang hayat bagi lansia, dengan pemberian informasi dan pelatihan bagaimana menjaga kesehatan. Disamping itu juga diajarkan keagamaan, sosial, dan budaya, sehingga lansia menjadi tangguh dan smart,” pungkasnya.

Untuk diketahui, turut hadir dalam peluncuran sekolah lansia ini, Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse, PJ Ketua TP-PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena, serta para pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ambon.