Berita

Pemprov Kalsel Jamin Keamanan Pelayanan Publik Dengan Cara Ini

×

Pemprov Kalsel Jamin Keamanan Pelayanan Publik Dengan Cara Ini

Sebarkan artikel ini
Foto bersama pada bimbingan teknis IT Security Assessment (ITSA). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Dalam rangka meminimalisir kerawanan pada suatu sistem informasi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel menggelar Bimbingan Teknis IT Security Assessment (ITSA) bagi tenaga IT SKPD pemerintahan.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 54 orang perwakilan dari 13 kabupaten/kota, dan beberapa perwakilan SKPD Pemprov Kalsel, yang memiliki aplikasi pelayanan publik.

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan, Bimtek ITSA ini merupakan salah satu upaya penting, untuk menjamin keamanan dalam menjalankan pelayanan publik berbasis digital, yang ada di SKPD baik tingkat pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

“Dengan adanya bimbingan Bimtek ITSA ini, diharapkan seluruh SKPD mampu dalam mengetahui tingkat keamanan aplikasi yang digunakan, serta diharapkan pula dapat mengetahui bagaimana melakukan penilaian terhadap kerentanan, dan dapat memverifikasi kemungkinan adanya terobosan terhadap keamanan sistem aplikasi yang digunakan” tutur Muslim kepada wartawan, di Banjarbaru, Jumat (23/6/2023).

Muslim menambahkan, perkembangan teknologi yang prsat ini harus terus dikawal khususnya dari sisi keamananya. Untuk itu, mengumpulkan seluruh perwakilan tenaga IT SKPD kabupaten/kota, untuk dilakukan pembinaan bagaimana para SDM IT di setiap SKPD, untuk mendapatkan pemahaman terkait dengan sistem keamanan.

5207
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Untuk itu, telah dilakukan berbagai upaya berbagai upaya diantaranya, memverifikasi kemungkinan adanya terobosan terhadap keamanan sistem aplikasi yang digunakan. Seperti, pengembangan aplikasi dan pembuatan aplikasi yang menjadi tanggung jawab Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

“Oleh karena itu Bimtek ITSA sangat penting, manakala ada gangguan pada sistem aplikasi, dapat ditangani para SDM di perangkat SKPD masing-masing,” tutup Muslim.