BeritaPolitik

PSI Umumkan Hasil Rembuk Rakyat Cagub DKI, Gibran Ungguli Heru Budi

×

PSI Umumkan Hasil Rembuk Rakyat Cagub DKI, Gibran Ungguli Heru Budi

Sebarkan artikel ini
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta, Elva Qolbina saat menemui wartawan di kantor DPW PSI Jakarta, Jumat (23/6/2023). (Foto : Pierre Ombuh/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) megumumkan hasil survei dari Rembuk Rakyat. Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, memperoleh suara terbanyak untuk menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2024-2029.

Seperti diketahui, selain menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran merupakan anak sulung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Rembuk Raykat PSI ini telah dilakukan sejak bulan Mei lalu dengan jumlah partisipan sebanyak 11.160 suara.

“Ini merupakan gambaran aspirasi dan preferensi warga DKI Jakarta terkait calon pemimpinnya di 2024,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta Elva Qolbina kepada wartawan, Jumat (23/6/2023).

Kemudian, Elva mengungkapkan bahwa 11.160 suara meliputi, partisipan melalui daring dan warga Jakarta yang didatangi oleh para kader PSI. Lalu, nama Gibran yang banyak dipilih oleh masyarakat DKI.

“Ini merupakan gambaran aspirasi dan preferensi warga DKI Jakarta terkait calon pemimpinnya di 2024,” kata Elva.

Lebih lanjut, Elva menyebut, hasil survei ini nantinya akan dibawa ke DPP PSI agar bisa menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan dukungan saat Pilkada 2024 mendatang.

“Ini hasil Rembuk Rakyat Jakarta yang PSI Jakarta lakukan, semoga juga ke depannya bisa menjadi acuan bagi partai politik lain untuk mengusung calon gubernurnya karena memang yang kami lakukan bukan hanya vote secara ulang, tapi juga turun langsung nyamperin masyarakat,” jelasnya.

Berikut 9 nama hasil survei DPW PSI Jakarta:

1. Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka (26.13%)

2. Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (16.77%)

3. Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie (15.78%)

4. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (15.20%)

5. Menteri Sosisal Tri Rismaharini (13.07%)

6. Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman (8.85%)

7. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (1.88%)

8. Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Mohammad Fadil Imran (1.35%)

9. Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar (0.97%)

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD