Berita

Imam Subarkah: Petani Jangan Membakar Lahan Sembarangan!

×

Imam Subarkah: Petani Jangan Membakar Lahan Sembarangan!

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, Imam Subarkah. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Untuk mengurangi kebakaran lahan, akibat musim kemarau yang menimpa Indonesia, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel mengimbau kepada seluruh petani, agar tidak membakar lahan mereka sembarangan di musim kemarau.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Imam Subarkah mengaku, pihaknya akan segera mengeluarkan surat edaran Gubernur Kalsel, untuk ditujukan kepada kabupaten/kota, agar dalam melakukan strategi dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

“Kami juga akan melakukan gerakan pengendalian melalui sosialisasi di lapangan, seperti pemasangan spanduk untuk dapat mengingatkan bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” ucapnya kepada wartawan, di Banjarbaru, Rabu (14/6/2023).

Menurutnya, data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kemarau di tahun 2023 diprediksi menjadi kemarau terpanas, dibandingkan tahun sebelumnya.

“Apalagi fenomena El Nino yang terjadi selama musim kemarau, dapat memicu kekeringan. Lalu minimnya curah hujan, juga berpotensi meningkatkan jumlah titik api, sehingga makin rawan terjadinya karhutla serta kekeringan,” tuturnya.

5234
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Lebih lanjut dia menyatakan, karhutla dinilai perlu diantisipasi pada saat musim panen. Hal ini dikarenakan para petani setelah musim panen, biasanya melakukan pembakaran lahan untuk menyuburkan tanah, serta mengusir hama penyakit yang ada di lapangan.

Oleh karena itu, dia berharap, di musim kemarau, para petani dapat lebih memahami suasana yang terjadi.

“Petani bisa saja tetap melakukan pembakaran lahan, namun dengan batasan-batasan tertentu. Seperti pembakaran lahan hanya dalam suatu area tertentu, dan diawasi serta dijaga, agar pembakaran tidak menyasar area lain,” tandas dia.