Berita

Jokowi Panggil Enam Ketum Parpol Koalisi ke Istana, NasDem Tidak Diundang

×

Jokowi Panggil Enam Ketum Parpol Koalisi ke Istana, NasDem Tidak Diundang

Sebarkan artikel ini
Istana Merdeka (Foto: presidenri.go.id)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Enam ketua umum (ketum) partai politik pendukung pemerintah menghadiri undangan acara halalbihalal dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5/2023) malam.

Hanya saja, malam itu tidak terlihat kehadiran Ketua Umum NasDem Surya Paloh di Istana.

Diketahui, NasDem sejak Oktober 2022 lalu sudah mengumumkan akan mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden untuk Pilpres 2024 mendatang.

Adapun pertemuan Jokowi dengan para ketum parpol berlangsung sekitar 2,5 jam mulai 19.00 WIB hingga 21.30 WIB.

Berdasarkan pantauan, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri ditemani Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto lebih awal ke luar dari kompleks Istana menaiki mobil. Keduanya hanya melempar senyum sembari melambaikan tangan ke arah awak media, tanpa memberikan keterangan sedikitpun.

5225
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Berikutnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berbarengan ke luar dengan berjalan kaki. Keduanya mengaku tidak tahu-menahu menyoal ketiadaan Surya Paloh dalam acara halalbihalal ini.

Selanjutnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ke luar berbarengan dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas, dan Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono. Ketiganya juga ke luar berjalan kaki.

Berdasarkan pantauan, hanya Prabowo dan Mardiono yang menyinggung soal musabab ketidakhadiran Surya Paloh dalam acara ini. Penjelasan pun diberikan sangat singkat.

“(Surya Paloh) Sedang di luar negeri,” kata Prabowo kepada wartawan, Selasa (2/5/2023).

Mardiono juga membenarkan saat ini Surya Paloh sedang tidak berada di Indonesia.

“Kan karena beliau sedang berada di luar negeri, sedang tidak ada di Tanah Air. Saya tidak menanyakan apakah NasDem diundang atau tidak,” katanya.

Terpisah, Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni menyampaikan bahwa saat ini Surya Paloh sedang berada di Singapura.

“Iya Bapak saya masih di Singapore,” kata Sahroni.

Sementara, Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai Nasdem Charles Meikyansah tidak membantah kabar mengenai Surya Paloh tak mendapat undangan dari Presiden Jokowi yang melakukan pertemuan internal dengan para ketum parpol koalisi.

“Sampai saat ini tidak ada undangan ke Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, atau sekjen dan lain-lain,” ujar Charles.

Apabila Surya Paloh diundang, kata Charles, pasti Ketua Umum NasDem itu berupaya untuk menghadiri acara tersebut. Namun, hingga Selasa siang tadi menurutnya tak ada undangan apa pun dari pihak Istana ataupun parpol koalisi.

“Kalau kami diundang, biasanya kami dengan baik akan hadir. Tapi kalau kami juga tidak diundang, kami menghormati,” katanya.