Berita

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal pada 20 April 2023

×

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal pada 20 April 2023

Sebarkan artikel ini
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin (foto: kemenag.go.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan jadwal sidang isbat penetapan 1 Syawal 1444 H yang akan diselenggarakan pada Kamis (20/4) mendatang di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta.

“Sebagaimana biasa, Sidang Isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, di Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Kamaruddin menjelaskan rangkaian acara yang akan hadir pada sidang Isbat 2023 diantaranya seminar pemaparan posisi yang disampaikan oleh tim Hisab Rukyat Kemenag.

“Hasil hisab dan rukyatul hilal ini akan dibahas dalam sidang isbat untuk kemudian ditetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal. Jadi kapan Hari Raya Idulfitri, kita masih akan menunggu keputusan sidang isbat,” papar Kamaruddin.

Adapun Kemenag akan menggelar Sidang isbat secara tertutup, dan diikuti Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

“Hasil sidang isbat akan diumumkan secara terbuka melalui konferensi pers,” tandasnya.

Diketahui, Kementerian Agama akan menurunkan tim ke 123 titik lokasi di seluruh Indonesia. Nantinya hasil laporan tim akan dijadikan acuan penetapan 1 Syawal 1444 H.