Berita

DAIA Mudik Asyik 2023 Berangkatkan 6 Gerbong Kereta Api Gratis untuk Pemudik di Pulau Jawa

×

DAIA Mudik Asyik 2023 Berangkatkan 6 Gerbong Kereta Api Gratis untuk Pemudik di Pulau Jawa

Sebarkan artikel ini
Marketing Manager DAIA (Wings Group Indonesia) Anastasia Pamela (kanan) dan Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa (kiri) di Stasiun Gambir Jakarta, Senin (17/4/2023). (foto: Morteza Syariati Albanna).

TEROPONGNEWS,COM, JAKARTA – Marketing Manager Wings Group Indonesia Anastasia Pamela mengatakan tahun 2023 ini pihaknya kembali mengadakan “DAIA Mudik Asyik” menggunakan moda transportasi kereta api (KA) rute Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya.

Program ini sempat berjalan tahun 2019 lalu. Namun, semenjak pandemi, terhenti total. Akhirnya, pada Lebaran 1444 Hijriah program ini kembali dapat terselenggara.

Menurut Pamela, tahun 2023 ini DAIA memberangkatkan hampir 300 pemudik dari Jakarta ke Surabaya ataupun sebaliknya. Total terdapat enam gerbong.

Pihak DAIA melepas kloter pertama sejumlah lebih dari 50 penumpang pada Senin (17/4/2023) sore dari Stasiun Gambir, Jakarta. Malam nanti akan ada pemberangkatan kloter kedua.

Perlu diketahui, pemenang yang diberangkatkan oleh DAIA bisa mendapatkan empat tiket, untuk rute Jakarta-Surabaya dan sebaliknya.

“Besok juga ada keberangkatan ke Surabaya untuk rute yang di Jakarta. Tanggal (19/4/2023) ada lagi dari Jakarta ke Surabaya,” kata Pamela kepada wartawan di Stasiun Gambir Jakarta, Senin (14/4/2023).

Pamela menerangkan, pemenang yang mendapat tiket mudik gratis ini adalah para konsumen loyal DAIA yang mayoritas adalah ibu rumah tangga. Mulanya, mereka diajak mengikuti kompetisi foto digital dan diharuskan menuliskan cerita dan pengalamannya dalam caption foto, saat melakukan mudik Lebaran.

“Kita ingin membagi keceriaan kepada konsumen loyal DAIA. Kita mengajak para konsumen loyal DAIA untuk melakukan reka ulang dari dokumen foto Ramadan. Kita juga minta di caption soal konteks cerita pengalaman mereka saat mudik lebaran dan menyenangkan,” tutur Pamela.

Pamela melanjutkan, setiap penumpang yang mengikuti program “DAIA Mudik Asyik” dipastikan mendapat servis maksimal selama berada di stasiun, seperti disediakan ruang tunggu khusus, photo booth, penyediaan buku mewarnai, crayon atau spidol bagi anak-anak.

“Kita sediakan beberapa layanan agar para pemenang merasa nyaman agar tidak bosan,” ujarnya.

Selain itu, pihak DAIA juga menyediakan jasa porter di Stasiun Gambir, untuk membantu penumpang mengangkut barang bawaan mudiknya ke dalam kereta api.

“Kita berdayakan porter. Jadi semakin banyak orang ter-impact oleh DAIA mudik asyik ini,” tuturnya.

Menurut Pamela, kerja sama DAIA dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah selaras, untuk mencapai perjalanan yang menyenangkan saat momen jelang Lebaran.

Terkait pemilihan rute Jakarta-Surabaya atau sebaliknya dilakukan karena DAIA sudah melakukan survei mudik terlebih dahulu. Tercatat penumpang mudik paling banyak ialah yang menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Maka itu kita ambil rute terpanjang (Surabaya) yang bisa mengakomodasi ini. Di tengah-tengah penumpang bisa turun di Yogyakarta, Semarang, dan sebagainya,” kata Pamela.

Pamela menambahkan, bagi pemenang “DAIA Mudik Asyik” sebetulnya bisa memilih untuk mengambil empat tiket atau lebih memilih tunjangan hari raya (THR) senilai Rp 1.000.000.

Sementara, Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengapresiasi program mudik gratis Lebaran 2023 dari DAIA.

Menurut dia, program seperti ini sangat membantu pemerintah dalam menghadapi momen mudik setahun sekali saat Lebaran.

“Program seperti ini mengurangi risiko dari angka kecelakaan. Oleh karena itu mudik DAIA ini kita harapkan bisa memberi manfaat yang besar, mempermudah pemudik untuk bertemu dengan keluarga di kampung halaman,” kata Eva memungkasi.