Gencar Sosialisasikan Rekrutmen Anggota MRP-PBD, Pansel Kunjungi Kampung Warsambin

Foto bersama Pansel MRP-PBD Raja Ampat bersama aparat Kampung Warsambin. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,RAJA AMPAT – Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota Majelis Rakyat Papua-Papua Barat Daya kabupaten Raja Ampat menggelar sosialisasi di Kampung Warsambin, Distrik Teluk Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya, Senin (17/4/2023).

416
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

Pemilihan Umum Gubernur Papua Barat Daya 2024 (selanjutnya disebut Pilgub Papua Barat Daya 2024), untuk memilih calon yang digadang-gadang menuju Kursi Gubernur Papua Barat Daya periode 2024-2029 yang layak bagi Anda.  Dan kami teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon Anda kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sosialisasi tersebut terkait dengan rekrutmen/pencalonan anggota MRP-PBD Kabupaten Raja Ampat periode 2023-2028.

Ketua Pansel MRP-PBD Raja Ampat, Mansyur Syahdan mengatakan bahwa untuk keanggotaan MRP-PBD Kabupaten Raja Ampat berjumlah 4 orang yang meliputi 2 orang keterwakilan adat, dan 2 orang keterwakilan perempuan.

“Kita mengetahui¬† bahwa undang-undang Otonomi Khusus (Otsus) nomor 21 memberi ruang kepada setiap Orang Asli Papua (OAP) berdasarkan kultur asli, adat istiadat dan budaya untuk menjadi tuan di atas tanahnya sendiri, maka dibentulah lembaga MRP yang bertugas mengakomodir dan memperjuangkan hak-hak dasar OAP, “jelasnya.

Ia juga memastikan bahwa timnya akan menyeleksi calon anggota MRP-PBD dengan baik, sehingga yang dipilih adalah mereka yang benar-benar memperhatikan masyarakat.

“Kita pasti akan seleksi dan cari yang terbaik, yang pastinya tahu tugasnya mereka. Jadi orang-orang yang kita pilih itu yang terbaik mewakili Raja Ampat sehingga mereka memperjuangkan hak adat masyarakat ,”ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Pansel MRP-PBD Raja Ampat, Mohliyat Mayalibit menegaskan bahwa setiap calon yang terpilih akan membuat Pakta integritas dan surat pernyataan.

“Apabila ke depan dia tidak bisa menjalankan tugasnya, silahkan mundur atau digantikan oleh figur terbaik,” pungkasnya.