Berita

Jurnalis Perempuan Menjadi Korban Pelecehan Seksual di Jak-Sel

×

Jurnalis Perempuan Menjadi Korban Pelecehan Seksual di Jak-Sel

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual yang dapat menimbulkan rasa trauma. (Foto : ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pelecehean seksual dialami seorang jurnalis perempuan di Jalan Prapanca I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jak-Sel) pada Selasa, (21/2/2023), sekitar pukul 18.50-19.00 WIB.

Atas peristiwa itu, korban telah melakukan pelaporan polisi pada Polisi Resor (Polres) Metro Jakarta selatan dengan Surat Tanda Laporan Polisi No : /STTLP/B599/II/2023/SPKT/POLRES METRO JAKSEL/POLDA METRO JAYA.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) melalui keterengan persnya juga mendesak pihak berwajib untuk menangani kasus tersebut.

“Mendesak Kepala Kepolisian Resort Metropolitan (Kapolresta) Jakarta Selatan untuk segera mengungkap dan menangkap pelaku kekerasan seksual terhadap jurnalis perempuan,” ucapnya melalui keterangan resmi yang dikutip TeropongNews dari laman Instagram @lbhpers di Jakarta, Sabtu (26/2/2023).

Peristiwa dugaan pelecehan ini berawal saat korban hendak pulang menggunakan sepeda di Jalan Kemang menjuju Jalan Prapanca I. Saat itu korban dipepet oleh pelaku yang tidak diketahui identitasnya, menggunakan sepeda motor.

“Awalnya korban tidak ciruga karena berasumsi bahwa orang misterius itu adalah rekan kantor yang biasa ditemuinya dijalan,” katanya.

“Namun, tepat saat korban melintas bangunan The American Club (Jl. Prapanca I) pelaku semakin mendekatkan motornya lau melakukan pelecehan seksual secara fisik pada bagian payudara korban dengan tangan kirinya,” sambungnya.

Korban berusaha mengejar dan meneriakki pelaku menggunakan sepeda, namun karena masih dalam keadaan trauma ditambah kondisi jalanan gelap dan sepi, ia mengurungkan niatnya.

“Namun, karena Jl. Prapanca I dalam kondisi yang sangat gelap dan sepi serta masih dalam kondisi yang sangat gelap dan sepi serta masih dalam trauma, korban tidak berani untuk berhenti dan melapor kepada satpam The America Club yang sempat melihat korban berlari dan berteriak,” ungkapnya

Karena peristiwa tersebut, LBH pers dan AJI menghimbau kepada jurnalis dan pekerja media yang menjadi korban kekerasan seksual untuk tidak ragu melaporkan tindakan tersebut kepada pihak Kepolisian.