Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPress Release

Pemerintah Teken KKS Tangguh hingga 2055, bp Canangkan Pengembangan Tangguh

×

Pemerintah Teken KKS Tangguh hingga 2055, bp Canangkan Pengembangan Tangguh

Sebarkan artikel ini
Pennandatanganan Kesepakatan perpanjangan KKS oleh Arifin Tasrif, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral; Dwi Soetjipto, Kepala SKK Migas; Kathy Wu, bp regional president Asia Pacific, gas and low carbon energy, beserta perwakilan dari para mitra Tangguh, 23 Desemeber 2022 di Jakarta.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Indonesia telah setuju untuk memberikan perpanjangan kontrak kerjasama Tangguh (KKS Tangguh) selama 20 tahun, kepada bp, sebagai operator dari KKS, dan mitra KKS Tangguh. Di dalam kesepakatan ini, KKS Tangguh, yang terdiri atas KKS Berau, Muturi dan Wiriagar, dan sejatinya akan berakhir di tahun 2035, akan diperpanjang hingga 2055.


Kesepakatan perpanjangan KKS ditandatangani hari ini di Jakarta oleh Arifin Tasrif, Menteri Energidan Sumber Daya Mineral; Dwi Soetjipto, Kepala SKK Migas;Kathy Wu, bp regional president Asia Pacific, gas and low carbon energy, beserta perwakilan dari para mitra Tangguh. Penandatanganan ini disaksikan oleh Anja-Isabel Dotzenrath, bp executive vice president gas &low carbon energy.

Example 300x600

Menurut Anja, perpanjangan ini mencerminkan komitmen jangka panjang bp terhadap
Indonesia. Dengan dukungan kuat dari Pemerintah, hal ini memberikan kesempatan kepada pihaknya bersama dengan para mitra untuk melanjutkan pekerjaan luar biasa telah dilakukan selama ini untuk menghasilkan gas alam dari Tangguh secara andal dan aman untuk Indonesia, dan pasar-pasar lainnya. Perpanjangan ini membantu membuka peluang- peluang baru bagi masa depan Tangguh.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Energi dan
Sumber Daya Mineral dan SKK Migas, atas dukungan untuk proyek penting ini. Kami menantikan kerjasama lebih lanjut dengan Indonesia dan para mitra kami di tahun-tahun mendatang,” kata Anja.


Kathy Wu menambahkan dengan perpanjangan kontrak pihaknya akan melanjutkan pekerjaan untuk membantu memenuhi kebutuhan energi dalam neggeri sekaligus meneruskan investasi kedepan.

“Dengan adanya perpanjangan ini, kami akan dapat melanjutkan
pekerjaan kami dalam membantu Indonesia menjawab kebutuhan energi dengan mempercepat kegiatan-kegiatan eksplorasi, berkontribusi terhadap pendapatan negara serta mendukung perekonomian lokal. Dan dengan tambahan blok-blok baru kami di Indonesia, ini semua menunjukkan kepercayaan kami kepada Pemerintah Indonesia dalam kami meneruskan investasi di dalam negeri dan menghadirkan berbagai solusi kebutuhan energi,” jelas kathy Wu.

Diketahui Proyek Tangguh liquefied natural gas (LNG) di provinsi Papua Barat, Indonesia memulai operasinya di tahun 2009 dan telah mengirimkan lebih dari 1.450 kargo ke pasar domestik dan internasional. Kedua train produksi LNG saat ini memiliki kapasitas total 7,6 juta ton LNG per tahun.

Saat ini melalui proyek train ketiga yang tengah dibangun, diperkirakan akan mulai berproduksi tahun depan, yang akan meningkatkan kapasitas produksi Tangguh sebesar 50%. Tangguh adalah produsen gas terbesar di Indonesia, mencakup sekitar 20% produksi gas dalam negeri.

Tangguh sendiri telah menghasilkan pendapatan yang signifikan untuk Indonesia, baik di tingkat pemerintah pusat maupun di provinsi Papua Barat dan kabupaten Teluk Bintuni tempat proyek berlokasi.


Di samping Tangguh train 3, bp dan para mitranya telah memulai proyek Tangguh UCC. Proyek Tangguh UCC meliputi pengembangan lapangan gas Ubadari, enhanced gas recovery melalui penangkapan, penggunaan dan penyimpanan karbon (EGR/CCUS) di lapangan Vorwata, dan onshore compression. Pada tahun 2021 Pemerintah Indonesia telah menyetujui rencana pengembangan (plan of development/POD) untuk proyek Tangguh UCC.
Di luar Tangguh LNG di Indonesia, bp mempunyai kepemilikan di blok Andaman II lepas pantai Aceh dan baru-baru ini menandatangani KKS baru untuk blok Agung I dan Agung II.
Mitra bp di KKS Tangguh adalah MI Berau B.V., CNOOC Muturi Ltd., Nippon Oil Exploration
(Berau) Ltd., KG Berau Petroleum Ltd., KG Wiriagar Petroleum Ltd., dan Indonesia Natural Gas Resources Muturi Inc.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *