Berita

Target 5 Hari Selesai, KPU Kota Sorong Libatkan 278 Warga Sortir dan Lipat Surat Suara

×

Target 5 Hari Selesai, KPU Kota Sorong Libatkan 278 Warga Sortir dan Lipat Surat Suara

Sebarkan artikel ini
KPU Kota Sorong Libatkan Ratusan warga sortir dan lipat surat suara, Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong libatkan warga masyarakat sebanyak 270 orang guna melaksanakan tahapan Pemilu 2024 berupa kegiatan Sortir dan Pelipatan Surat Suara Legislatif, Sabtu (20/1/2024).

Giat yang berlangsung di Gedung Lambert Jitmau, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya (PBD) mendapatkan pengawalan dari institusi kepolisian setempat

Total sebanyak 278 warga masyarakat setempat dilibatkan dalam tahapan dimaksud yang telah melalui sejumlah syarat.

“Jadi kegiatan hari ini adalah melakukan penyortiran sekaligus pelipatan surat suara yang mana ini merupakan hari pertama kita menyortir kemudian melipat dengan melibatkan warga masyarakat yang ada di Kota Sorong, kurang lebih 278 orang dan itu dibagi menjadi 25 kelompok,” ungkap Plh Ketua KPU Kota Sorong Hilman Djafar kepada awak media saat dimintai keterangannya.

Dirincikannya, untuk setiap kelompok masing-masing ada 10 orang, namun ada juga yang lebih.

“Tentunya dalam setiap kelompok mempunyai peranan yang berbeda-beda. Sebelum melipat ada yang menyortir, ada yang memperhatikan baik kertas suara yang rusak dan cacat. Harapan kita tidak ada ya, karena ini sudah H-25 mendekati Pemilu,” harapnya.

Hasil lipatan surat suara ini kemudian dimasukan kembali ke dalam kartun untuk selanjutnya dikembalikan ke gudang KPU.

Pengangkutannya oleh mobil boks polisi dengan pengawalan ketat oleh Satuan Keamanan Polresta kota Sorong.

Hilman menambahkan dalam satu kartun berisi 500 eksemplar atau 500 surat suara.

“Yang tiba kemarin itu surat suara DPR RI setelah itu berlanjut surat suara DPR Provinsi, kemudian surat suara DPRD Kota Sorong. Taksiran kita mudah-mudahan estimasi bisa 4 atau 5 hari sudah bisa selesai,” tambahnya.

Lanjut Hilman, jumlah surat suara yang diterima pihaknya sesuai jumlah DPT di Kota Sorong yaitu 205.507 ditambah setiap TPS 2 persen.

“Jadi kalau misalnya DPR RI 205.507, itu dikali tiga surat suara berarti sekitar 6000 sekian. Itu yang dilipat hari ini dan beberapa hari kemudian,” pungkasnya.