BeritaPolitik

KPU Papua Barat Daya Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

×

KPU Papua Barat Daya Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Sebarkan artikel ini
Pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM pada KPU Papua Barat Daya. (Foto:Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat Daya menggelar pencanangan zona integritas di lingkungan KPU Papua Barat Daya.

Pencanangan yang dihadiri oleh Pj. Gubernur Papua Barat Daya, ketua dan anggota KPU Papua Barat Daya, Kejaksaan, dan unsur Forkopimda itu dilaksanakan di Vega hotel Sorong, Papua Barat Daya, Minggu (12/11/2023).

Ketua KPU Papua Barat Daya, Andarias Kambu mengatakan bahwa pencanangan pembangunan zona integritas ini sebagai bentuk komitmen kami dalam mewujudkan Wwilayah Bebas Korupsi (WBK) serta wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Pencanangan ini berdasarkan Peraturan Menpan RB Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Instansi Pemerintah, ” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Andarias, pencanangan tersebut merupakan langkah positif dalam menerapkan lingkungan bersih dari berbagai bentuk praktik korupsi dan juga upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Pembangunan Zona integritas terinspirasi dari konsep island of integrity yang merupakan praktek lebih jauh dari eksistensi pengembangan keilmuan administrasi publik dan tata kelola pemerintahan, ” Jelasnya.

Selain itu, dampak dari island of integrity dapat menciptakan kinerja organisasi yang bebas korupsi, efisiensi yang lebih besar, dengan menggunakan sumber daya yang lebih minimal untuk menghasilkan output yang lebih optimal.

Sementara itu, Pj. Gubernur Papua Barat Daya yang diwakili oleh staf ahli George Yarangga berharap, agar KPU senantiasa menjaga integritas dalam penyelenggaraan pemilu sehingga menghasilkan pemilu berkualitas dan menciptakan pemimpin yang juga berkualitas untuk kemajuan Papua Barat Daya.

“Penyelenggaraan pemilu yang berintegritas berarti mangandung unsur penyelenggaraan yang jujur, transparan, akuntabel, cermat dan akurat dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya,” ucapnya.

Karena waktu pemilu sudah sangat, sambung Yarangga, pihak KPU perlu memberikan informasi-informasi yang baik kepada masyarakat yang ada di Papua Barat Daya.

“Kami bersyukur dengan adanya pencanangan Zona Integritas ini, karena selain komitmen dan semangat dalam memberantas korupsi, juga mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, ” pungkasnya.