BeritaDaerah

Kabag Kesra R4 : Dana Asrama Tahun 2022 Sudah Realisasi di 5 Kota Studi di Indonesia

×

Kabag Kesra R4 : Dana Asrama Tahun 2022 Sudah Realisasi di 5 Kota Studi di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Raja Ampat, Harun Matafi, S.STP, Foto ISTIMEWA/TN

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Raja Ampat, Harun Matafi, S.STP menanggapi pernyataan salah satu pemuda Raja Ampat, Roger Mambraku terkait biaya pemeliharaan asrama mahasiswa Raja Ampat di berbagai kota studi di Indonesia pada tahun 2022.

Sebelumnya diberitakan Dana Asrama Mahasiswa Raja Ampat Belum Cair, Ketua GMNI Sorong Desak Untuk Segera Mencopot Kabag Kesra.

Selain itu, Ketua Demisioner Hukum GMNI Kota Sorong, Rojer Mambraku, mengecam keterlambatan dana yang dianggarkan untuk Asrama Mahasiswa Raja Ampat pada tahun anggaran 2022.

Menurut Roger Mambraku, bantuan pendidikan untuk asrama mahasiswa Raja Ampat yang tersebar di seluruh Indonesia tahun 2022 belum terbayar hingga saat ini.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Raja Ampat, Harun Matafi, S.STP menjelaskan biaya pemeliharaan asrama mahasiswa tahun 2022 telah diselesaikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat.

Harun Matafi mengatakan untuk tahun 2022 ada 5 (lima) asrama mahasiswa Raja Ampat yang sudah dibantu penyelesaian pembayaran fasilitas asrama berupa listrik dan WiFi yaitu :

  1. Asrama Mahasiswa Raja Ampat Sorong
  2. Asrama Mahasiswa Raja Ampat Manokwari
  3. Asrama Mahasiswa Raja Ampat Jayapura
  4. Asrama Mahasiswa Raja Ampat Manado
  5. Asrama Mahasiswa Raja Ampat Jogjakarta

Ia menyebut untuk biaya fasilitas asrama pada tahun 2022 Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat telah merealisasikan anggaran sebesar Rp50 juta per asrama di setiap kota studi di Indonesia. Dijelaskan Harun, teknik pembayaran dilakukan di setiap asrama secara langsung dengan cara pembayaran listrik dan wifi setiap bulannya.

Kata dia, setiap bulannya Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Raja Ampat selalu berkoordinasi dengan Ketua Asrama Raja Ampat di berbagai kota studi di Indonesia.

“Setiap tahun kami datangi asrama mahasiswa yang ada untuk memastikan asrama tersebut berjalan dan menggunakan listrik dan WiFi sesuai peruntukan dan untuk mengetahui penggunaan listrik, setiap bulannya ketua asrama akan selalu berkordinasi dengan bagian kesra,” ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Raja Ampat, Harun Matafi, S.STP dalam rilisnya yang diterima media ini, Senin (30/10/2023).

Lanjut Harun Matafi, perhatian terhadap Asrama Mahasiswa Raja Ampat merupakan salah satu program rutin Pemerintah Daerah Kabupaten Raja terhadap dunia pendidikan melalui fasilitas asrama di lima kota studi di Indonesia. Karena asrama merupakan tempat tinggal sekaligus tempat belajar bagi mahasiswa asal kabupaten Raja Ampat selama menempuh ilmu di kota studi masing-masing.

Meski begitu, Harus Matafi sebut statement yang disampaikan adiknya Roger Mambraku hal yang wajar saja dalam negara yang menganut asas demokrasi. Namun jauh sebelumnya mesti dikordinasikan bersama.