Berita

Soal Ranperda APBD 2024, Pemprov Kalsel Apresiasi Dukungan DPRD

×

Soal Ranperda APBD 2024, Pemprov Kalsel Apresiasi Dukungan DPRD

Sebarkan artikel ini
Rapat Paripurna DPRD Kalsel terhadap Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2024, di Banjarmasin, Rabu (20/9/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor melalui Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Suparmi mengapresiasi pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel, yang telah mendukung Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024.

“Penyusunan rancangan APBD 2024 memperhatikan arah dan kebijakan umum, strategi, Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dalam APBD 2024, kebijakan pemerintah pusat, kondisi ekonomi makro, memperhatikan perkembangan dan dinamika aspirasi masyarakat yang berkembang,” kata Suparmi, saat Rapat Paripurna DPRD Kalsel, di Banjarmasin, Rabu (20/9/2024).

Disampaikan Suparmi, rancangan APBD 2024 berpedoman dan menyelaraskan dengan RKPD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, yang terintegrasi dengan tema “Peningkatan Kualitas Daya Saing Daerah Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi inklusif”.

Dijelaskan Suparmi, ada lima prioritas pembangunan yang menjadi acuan dalam rancangan APBD 2024, yaitu penguatan sektor industri, UMKM, pertanian dan pariwisata, meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, memperkuat infrastruktur untuk pemenuhan pelayanan dasar dan pengembangan perekonomian daerah, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang fokus pada pelayanan publik dan meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup untuk mendukung ketahanan bencana.

“Pendapatan dan belanja yang dirancang dalam APBD 2024 akan selalu mempertimbangkan manfaat APBD, untuk kesejahteraan rakyat, peningkatan pelayanan publik, memelihara dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengendalikan inflasi, serta memperkuat daerah, agar tangguh dalam menghadapi bencana,” tutur Suparmi.

5207
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Suparmi menginginkan, rancangan APBD 2024 mampu menjawab kebutuhan dan tantangan yang dihadapi di tahun depan, khususnya mempertahankan tren positif pertumbuhan ekonomi, inflasi yang tetap terkendali, sumber daya manusia yang semakin baik, dan terpenuhinya seluruh urusan wajib yang melekat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Selain itu, kebijakan belanja Pemprov Kalsel juga memprioritaskan alokasi anggaran, untuk mendukung pelaksanaan tahapan Pilkada serentak, yang dilaksanakan pada 2024 mendatang.

“Pengalokasian anggaran belanja, untuk Pilkada serentak menggunakan skema penganggaran melalui pembentukan dana cadangan selama dua tahun anggaran, yaitu tahun anggaran 2022 dan 2023, yang akan dicairkan pada 2024 dan bermuara juga pada percepatan untuk mewujudkan Kalsel Maju sebagai gerbang Ibu Kota Negara (IKN),” sebut Suparmi.

Adapun struktur APBD yang tertuang dalam rancangan APBD 2024, diantaranya pendapatan daerah dianggarkan dengan proyeksi sebesar Rp10,048 triliun, belanja daerah dianggarkan sebesar Rp10,3 triliun.

“Kemudian pada posisi penerimaan pembiayaan, yaitu pada jenis pembiayaan sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya, dianggarkan sebesar Rp108,7 miliar dan pengeluaran pembiayaan dianggarkan sebesar Rp57,4 miliar,” tandas dia.