Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaLingkungan

1.000 Orang Turun Bersihkan Sampah Kali Remu Sorong

×

1.000 Orang Turun Bersihkan Sampah Kali Remu Sorong

Sebarkan artikel ini
Aksi bersih-bersih di kali Remu Sorong. (Foto:Mega/TN).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dalam rangka mewujudkan Program Kali Bersih Nasional, Jajaran Koarmada III melakukan aksi bersih-bersih di kali remu, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Selasa (5/9/2023).

Pantauan media ini, kegiatan tersebut melibatan 1.000 orang yang terdiri dari prajurit TNI AL, kepolisian, komunitas, Kantor SAR Sorong, politeknik kelautan dan perikanan Sorong, serta stakeholder terkait, dan masyarakat, dengan menyisir kali sejauh 2,3 kilometer dengan menggunakan perahu karet.

Example 300x600

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda Rachmad Jayadi mengatakan bahwa program tersebut dilasanakan tiap tahun terutama pada bulan September.

Prajurit TNI AL bersama masyarakat saat mengangkat sampah dari kali remu. (Foto:Mega/TN).

”Pada Program Kali Bersih ini kami memilih kali remu ini, karena saya melihat di kali remu ini merupakan bantaran yang paling banyak penduduknya. Kita bisa saksikan begitu kotor sekali. Padahal 40 tahun lalu kali ini bersih sekali,”ujarnya.

Menurut Pangkoarmada III, lewat kegiatan ini diharapkan bisa memberikan edukasi, dan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat bahwasanya kali merupakan hal yang vital karena menjadi salah satu sumber kehidupan manusia.

”Edukasi kepada masyarakat itu boleh tapi kita lihat sarana dan prasarana yang diberikan juga oleh pemerintah, apakah saat ini ada tempat sampah yang memadai?. Masing-masing di rumah juga harus diberikan tempat sampah untuk mereka buang di situ, kemudian truk sampah harus rajin masuk ke situ untuk mengambil sampah,”katanya.

Pangkoarmada III menambahkan, pihanya juga siap mendukung pemerintah daerah untuk dalam rangka mewujudkan kebersihan dan keindahan kota Sorong.

”Kalau ada kerjasama dengan pemerintah daerah itu akan bagus, kami TNI dan Polri dan masyarakat kemaritiman ini akan mendukung semua itu. Kami akan siap dimintai bantuan,”ucapnya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *