BeritaDaerahPEMILU 2024Politik

Mengenal Sosok Paulinus Kora Dari Brimob Hingga Terjun ke Dunia Politik

×

Mengenal Sosok Paulinus Kora Dari Brimob Hingga Terjun ke Dunia Politik

Sebarkan artikel ini
Paulinus Kora, bakal calon Bupati Kabupaten Sorong Selatan periode 2024-2029, Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Pasca pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sorong Selatan ke Partai Politik guna mendapatkan rekomendasi sebagai tiket untuk bertarung pada Pilkada 2024.

Nama Paulinus Kora mulai mencuat ke publik lantaran namanya disebut telah mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati Sorong Selatan periode 2024-2029 ke Partai PKB dan PDI-P setempat. Paulinus Kora berpasangan dengan Yonathan Salambauw dalam bursa Pilkada Sorong Selatan.

Berikut riwayat pendidikan hingga mengabdi sebagai Anggota Polri pada tahun 1997 dan akhirnya terjun ke dunia politik.

Paulinus Kora lahir di Seira, Kabupaten Serui Papua pada 27 Februari 1977. Dia merupakan anak dari Efraem Kora yang merupakan seorang Guru.

Paul nama panggilan Paulinus Kora lahir dan besar dilingkungan keluarga sehingga menghabiskan masa kecilnya di Kampung Seira Serui Papua. Untuk sekolah, SD, SMP hingga SMA dihabiskan di Serui.

Setelah tamat SMA 1994 di Serui, Paulinus harus meniti karir sebagai anggota Polri tiga tahun kemudian setelah tamat dari SMA tepatnya tahun 1997. Seiring menjalankan tugas sebagai anggota Polri satuan Brigade Mobil (Brimob).

Pada tahun 2012 Paulinus Kora ditugaskan di Satuan Brimob Polda Papua Barat. Sebelumnya pada tahun 2010, Paulinus Kora diberikan kepercayaan oleh Kapolri melalui Kapolda Papua Barat untuk mengawal Bupati Teluk Bintuni dua periode Ir Petrus Kasihiw, MT sebagai Ajudan.

Selain aktif sebagai anggota Brimob, Paulinus juga aktif di organisasi masyarakat. Pada tahun 2012, lulusan Polri 1997 ini aktif sebagai pembina LSM Imekko Kota Sorong.

Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 2013, suami dari Imelda Burdames dipercaya sebagai Ketua Korwil LMA Tanah Papua Provinsi Papua Barat. Kemudian pada tahun 2014 pria berusia 47 tahun ini menjabat sebagai bendahara Forum Komunikasi Imekko.

Terjun ke Dunia Politik
Bekerja sebagai anggota Polri satuan Brimob adalah pekerjaan yang membanggakan keluarga dan orang tua. Paul tidak perna terpikirkan untuk masuk ke dalam dunia politik. Bagi dia, bekerja sebagai seorang anggota Brimob untuk kebutuhan keluarga sudah berkecukupan.

Namun karena desakan keluarga besar Imekko dan juga Paul selama di organisasi masyarakat mengelilingi enam distrik di daerah tersebut dan melihat kurangnya pemerataan pembangunan yang terkesan jalan ditempat.

Atas dasar itulah, Pada tahun 2024 Paulinus Kora merelakan pekerjaan yang digelutinya sejak 1997 sebagai anggota Polri satuan Brimob selama 27 Tahun. Kaka Paul Kora (KPK) secara terang-terangan menyatakan dirinya bersaing di Pilkada Kabupaten Sorong Selatan 27 November mendatang.

Bahkan ajudan Bupati Teluk Bintuni dua periode itu disyaratkan akan mendapatkan rekomendasi salah satu partai. Jika saja Dewi Fortuna berpihak kepada pria kelahiran 1977 ini, Pilkada Kabupaten Sorong Selatan 2024 bakal sengit.

Bagi “KPK” (Kaka Paul Kora) dalam berpolitik tidak ada lawan yang abadi “Doakan saya, saya dan Yonathan Salambauw akan bangun Kabupaten Sorong Selatan secara maraton (percepatan pembangunan), Sebab inilah yang diinginkan masyarakat akar rumput.