Berita

Pemprov Kalsel Harap Aksi Mahasiswa ULM Tingkatkan Kualitas dan Kemampuan

×

Pemprov Kalsel Harap Aksi Mahasiswa ULM Tingkatkan Kualitas dan Kemampuan

Sebarkan artikel ini
Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kalimantan Selatan, Husnul Hatimah. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat, yang dilaksanakan oleh para Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang dilaksanakan mulai 22-30 Juli 2023, di Desa Datar Ajab Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk meningkatkan sosial, pendidikan, infrastruktur dan pariwisata.

Tema pengabdian masyarakat tahap II kali ini yaitu “Bergerak dalam sinergi mengembangkan potensi desa, guna mewujudkan desa yang mandiri”, dan diikuti puluhan mahasiswa.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kalimantan Selatan, Husnul Hatimah mengatakan, pelaksanaan pengabdian masyarakat tahap II ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, kualitas dan daya saing mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.

“Karena kita ketahui bersama, setiap perguruan tinggi memiliki kewajiban yang dikenal dengan tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat,” kata dia kepada wartawan, di Banjarmasin, Senin (17/7/2023).

Ia mengatakan, kesuksesan sebagai seorang mahasiswa tidak hanya diukur dari nilai akademis saja, banyak sekali tolak ukur kesuksesan bagi mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja.

5207
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Salah satunya ialah, kemampuan beradaptasi dengan kehidupan sosial, serta kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi sosial.

Nurul mengatakan, pelaksanaan ini merupakan salah satu bagian dari belajar beradaptasi sosial yang relevan dan aktual. Karena Dari kegiatan di desa nanti, mahasiswa bisa melihat secara langsung kehidupan realitas di masyarakat.

“Pelaksanaan seperti ini tidak hanya dilakukan mahasiswa dan para dosen saja, kami di jajaran pemerintahan pun harus turun ke masyarakat, untuk melihat langsung dan menjemput aspirasi dari mereka. Kegiatan turun ke lapangan yang kami lakukan biasa disebut “Turdes” atau turun ke desa,” terangnya.

Untuk itu, ia pun berpesan, agar para mahasiswa dapat mengikuti rangkaian kegiatan pada saat pengabdian masyarakat dengan sebaiknya.

“Karena sejatinya tri dharma perguruan tinggi ini tidak hanya di dunia akademik, tetapi juga berlaku bagi seluruh manusia. Karena sebaik-baiknya manusia ialah, mereka yang memberikan manfaat bagi manusia lainnya,” pungkasnya.