Berita

Gubernur Kalsel Perintahkan BPBD Memadamkan Karhutla di Guntung Manggis

×

Gubernur Kalsel Perintahkan BPBD Memadamkan Karhutla di Guntung Manggis

Sebarkan artikel ini
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di kawasan Kelurahan Guntung Manggis, Kota Banjarbaru, Minggu (18/6/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor memerintahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel untuk menindaklanjuti Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Kalsel. Pelaksana Harian Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kalsel, Bambang Dedi Mulyadi terjun langsung ke lokasi Karhutla yang terjadi, di kawasan Kelurahan Guntung Manggis, Kota Banjarbaru, Minggu (18/6/2023).

Kobaran api yang cukup besar nampak terlihat di lahan rawa yang terbakar banyak tanaman ilalang, lalu Tim gabungan BPBD provinsi, BPBD Banjarbaru, Manggala Agni, TNI – Polri, dan BPKP swasta dikerahkan, dan setelah berjuang cukup lama, titik api bisa ditangani.

“Berdasarkan perhitungan kami luas lahan yang terbakar di lokasi mencapai 8 hektare,” kata Bambang Dedi Mulyadi kepada wartawan, di Banjarbaru, Selasa (20/6/2023).

Bambang Dedi Mulyadi juga memantau langsung penanganan Karhutla hingga malam hari.

Pada kesempatan itu, Ia mengucapkan terima kasih kepada pejuang-pejuang kemanusian yang berjuang begitu gigih memadamkan api.

5197
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Ia pun berpesan kepada semua pihak, untuk ekstra siaga terhadap Karhutla. Menurutnya, bersama jajaran sangat berkomitmen dengan arahan Gubernur Kalsel, agar selalu mengupayakan atau memanfaatkan sumber daya yang ada baik SDM, personel, dan peralatan.

“Sampai dengan hari ini berdasarkan data yang kami miliki total luas lahan di Kalsel terbakar 95,6 hektare, dan untuk hutan yang terbakar sekitar 95 hektare,” tutup dia.