Berita

Survei LSI: Ridwan Kamil Paling Pantas Jadi Cawapres, Sandiaga-Erick Kalah Unggul

×

Survei LSI: Ridwan Kamil Paling Pantas Jadi Cawapres, Sandiaga-Erick Kalah Unggul

Sebarkan artikel ini
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat acara ramah tamah dengan road glider se-Nusantara di Bandung tahun 2022 lalu. (Foto: Humas Pemprov Jabar).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil disebut paling pantas menjadi calon wakil presiden (Cawapres) dalam Pilpres 2024 mendatang, menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyebutkan, pihaknya menyodorkan pertanyaan ke responden, “jika Pilpres diadakan sekarang, menurut ibu/bapak siapa yang PALING PANTAS menjadi calon wakil presiden di antara nama-nama berikut?”.

Hasilnya, Ridwan Kamil menempati posisi teratas dengan 19,5 persen menjadi RI-2. Di bawahnya ada Menteri Pasriwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan 14,4 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 11,6 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir mendapat 10,5 persen.

Tokoh lain yang dipilih oleh responden LSI di antaranya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (6,8 persen), Menko Polhukam Mahfud MD (4,5 persen), mantan Panglima TNI Jenderal (Purn.) Andika Perkasa (2,5 persen), Ketua DPR RI Puan Maharani (2,5 persen), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (1,6 persen).

“Ridwan Kamil paling banyak dipilih sebagai calon wakil presiden, 19,5%. Kemudian Sandiaga 14,4%, AHY 11,6%, Erick 10,5%, Khofifah 6,8%, Gibran 4,9%, Mahfud MD 4,5%, nama lain lebih rendah, belum menjawab 16.5%,” kata Djayadi dalam rilis LSI terbaru dikutip TeropongNews di Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Djayadi berkata, populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

“Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1.220 responden. Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95% (dengan asumsi simple random sampling),” ujarnya.

Dia menambahkan, responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD