Berita

Pol Airud Polda Papua Gagalkan Penyelundupan BBM ke PNG

×

Pol Airud Polda Papua Gagalkan Penyelundupan BBM ke PNG

Sebarkan artikel ini
Barang bukti BBM jenis pertalite yang telah diamankan Dit Polairud Polda Papua, sebelumnya akan diselundupkan ke PNG. Foto : Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Direktorat Polairud Polda Papua mengamankan dua pelaku penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke luar negeri. BBM jenis pertalite sebanyak 840 liter yang diselundupkan dari Kota Jayapura ke Papua Nugini (PNG).

Dir Polairud Polda Papua, Kombes Pol Andi Anugrha S.I.K yang dikonfirmasi mengungkapkan, dua pelaku yang diamankan masing-masing berinisial DI (38) dan BAN (38). Keduanya diamankan pada Jumat 5 Mei 2023 sekitar pukul 20.50 WIT.

Penangkapan tersebut berawal saat Tim Lidik Subbit Gakkum Dit Polairud Polda Papua menerima informasi bahwa ada dua orang warga Indonesia yang akan membawa dan menjual BBM jenis pertalite ke Papua Nugini (PNG) melalui jalur laut menggunakan speed boat.

“Setelah menerima informasi tersebut, tim langsung bergerak guna mengejar para pelaku,”terang Dir Polairud, Senin (8/5/2023).

Lanjut Dir Polairud, sekitar pukul 20.50 WIT di wilayah perairan Holtekamp Jayapura, tim pun berhasil menghentikan speed boat para pelaku dan didapati 24 jerigen warna biru berisikan 840 liter BBM jenis pertalite.

“Saat ini para pelaku serta barang bukti telah diamankan di Mako Dit Polairud Polda Papua guna pemeriksaan lebih lanjut,”ujarnya.

Terkait kejadian tersebut, pihaknya menegaskan akan lebih intens melakukan penangkapan. Hal itu perlu dilakukan guna mengantisipasi penyelundupan atau pun penjualan ilegal, seperti senjata api, amunisi, atau narkotika jenis ganja yang dilakukan oknum warga, baik dari luar negeri ke Indonesia maupun sebaliknya.

“Kami meminta dukungan dari semua pihak serta para tokoh masyarakat agar apa yang kami lakukan dapat meminimalisir adanya penyelundupan karena sangat meresahkan warga, khususnya di Papua,”tandasnya.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD