Berita

Wattimena Minta Kades Manfaatkan ADD untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan

×

Wattimena Minta Kades Manfaatkan ADD untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Guna menekan laju inflasi di Kota Ambon, maka PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena meminta kepada seluruh raja/ Kepala Desa (Kades), agar memanfaatkan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD), untuk meningkatkan ketahanan pangan lokal.

Hal tersebut disampaikannya Wattimena, saat membuka Musrembang RKPD Kota Ambon Tahun 2024, yang berlangsung di Marina Hotel, Rabu (12/4/2023).

“Untuk desa-desa/negeri-negeri, di Tahun 2024 kita memiliki beban untuk beberapa hal yang mesti jadi perhatian. Yang pertama, soal membangun ketahanan pangan lokal. Bapak dan ibu mesti menyediakan alokasi dana desa, untuk hal ini di wilayah masing-masing,” pinta dia.

Selain ketahanan pangan, terkait dengan kemiskinan ekstrim di tahun 2022 dengan data yang dimiliki terselesaikan sampai dengan 0 persen. Tentu ini menjadi pekerjaan lanjutan di desa/negeri, agar mempertahankan keadaan tersebut.

“Dibutuhkan kepedulian kita untuk menjaga masyarakat yang berada pada kategori miskin, agar mereka tidak turun ke angka kemiskinan ekstrim,” ucap Wattimena.

Menurut dia, selain ketahanan pangan, permasalahan kemiskinan ekstrim, para raja dan kepala desa yang berada dibawah lingkup Pemkot Ambon juga harus memperhatikan gedung Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang berada pada wilayah kerjanya. Dengan tujuan, agar memberikan kenyamanan saat proses imunisasi berlangsung.

“Yang terakhir soal Imunisasi. saya berkeinginan seluruh desa negeri punya satu posyandu tetap. Jadi semua desa/negeri mesti minimal memiliki satu posyandu, yang memenuhi standar pelayanan kesehatan,” pungkasnya.

Dia berharap perencanaan pembangunan yang dilaksanakan di hari ini, tentu kedepannya akan memberi dampak yang baik bagi warga yang mendiami Kota Ambon.

“Kita berharap, agar perencanaan pembangunan di kota Ambon dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat kota ambon,” harap Wattimena.