Berita

Mentawai Gempa 7,3 M, BMKG Umumkan Potensi Tsunami di Sumatra Utara

×

Mentawai Gempa 7,3 M, BMKG Umumkan Potensi Tsunami di Sumatra Utara

Sebarkan artikel ini
Potensi tsunami di Sumatra Utara setelah Kepulauan Mentawai diguncang gempa 7,3 M pada Selasa (25/4/2023) pukul 03.00 WIB. (foto: BMKG).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa besar berkekuatan 7,3 Magnitudo mengguncang wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar) pada Selasa dini hari (25/4/2023) pukul 03.00.57 WIB.

BMKG pun mengeluarkan peringatan dini ancaman terjadinya gelombang tsunami untuk wilayah Sumatra Utara (Sumut) pascagempa besar di kedalaman 84 kilometer bawah laut tersebut.

Adapun lokasi gempa berada 177 Kilometer dari Barat Laut Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Getaran gempa ini dirasakan kuat di Siberut dan Mentawai. Guncangan terasa sedang di Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, dan Padang.

“Peringatan dini tsunami untuk wilayah Sumut, gempa Magnitudo: 7,3. Lokasi: 0.93 LS, 98.39 BT,” demikian keterangan BMKG dikutip dari situs resminya di Jakarta, Selasa (25/4/2023).

5480
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

BMKG meminta masyarakat mewaspadai timbulnya gelombang tsunami di pesisir laut Sumut, efek dari lindu besar tersebut.

“Potensi tsunami untuk diteruskan pada masyarakat. Ikuti arahan peringatan dini tsunami dari BPBD, BNPB, dan BMKG,” demikian penjelasan BMKG.

Hingga berita ini terpublikasi belum ada laporan soal berapa jumlah korban jiwa hingga bangunan rusak efek gempa bumi di Mentawai, Selasa dini hari ini.