Berita

Jelang Lebaran 2023, Heru Budi Tinjau Terminal Bus Kalideres di Jakarta Barat

×

Jelang Lebaran 2023, Heru Budi Tinjau Terminal Bus Kalideres di Jakarta Barat

Sebarkan artikel ini
Pj Gubernur Heru didampingi Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin, serta Wakil Wali Kota Jakarta Barat Hendra Hidayat saat meninjau Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (20/4/2023). (Foto : ppid.jakarta.go.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (20/4/2023).

Dalam tinjauannya tersebut Ia memastikan untuk para pemudik yang berada di lokasi dapat terfasilitasi dengan baik. Hal ini supaya perjalanan muju kampung halaman terasa lancar.

“Jadi, pemantauan kami di sini pastinya untuk memastikan pemudik di Terminal Kalideres terfasilitasi dengan baik. Di samping itu, juga kita percepat (penanganan). Setelah itu, kita evaluasi jika ada yang perlu dibenahi di setiap pelayanan,” ujar Heru kepada wartawan, Kamis (20/4/2023).


Kemudian Heru menjelaskan, untuk tahun depan perlu disiapkan bus cadangan dari PO di setiap terminal agar mengurangi dampak penumpukan pemudik.

“Kita ingin mempersiapkan bus cadangan di setiap terminal di Jakarta. Setiap PO harus memiliki angkutan Lebaran cadangan. Kita ingin meminimalisir dampak penumpukan tersebut karena ada beberapa contoh penumpang yang harusnya berangkat pukul 15.00, terpaksa jalan pukul 18.00. Infonya ada kendaraan yang tertahan di lokasi sebelumnya, sebelum ke sini (Terminal Kalideres). Ini masalah teknis,” jelas Heru lebih lanjut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menambahkan, pihaknya telah menyiapkan 170 bus cadangan dari berbagai PO untuk angkutan mudik Lebaran tahun ini.

Lalu, Dirinya juga tengah mengupayakan penyediaan bus cadangan tersebut adalah bus yang sama dengan yang disediakan oleh PO bersangkutan.

“Contohnya, bus Sinar Jaya, harus menyediakan bus cadangan serupa dari divisi pariwisatanya. Demikian juga dengan beberapa bus, seperti contoh Laju Prima yang bisa mengisi kekosongan (sebagai bus cadangan), sehingga bisa dipercaya masyarakat untuk menjadi angkutan Lebaran,” kata Syafrin.

Ia juga mengungkapkan, puncak jumlah pemudik di Terminal Kalideres terjadi pada Rabu malam (19/4/2023), dengan jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 5.622 orang.

“Jumlah ini naik lebih dari 40 persen dibanding tahun lalu yang sebanyak 4.000 penumpang,” pungkas Syafrin.

Sebagai informasi, saat berkunjung ke Terminal Kalideres, Pj. Gubernur Heru selain didampingi oleh Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, hadir pula Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin, serta Wakil Wali Kota Jakarta Barat Hendra Hidayat.

Dalam kesempatan ini, Heru berserta rombongan turut berdiskusi dengan pihak loket (ticketing) tiap Perusahaan Otobus (PO) yang sebelumnya menyapa para pemudik.