Berita

Jasa Marga Perpanjang One Way dari KM 68 Tol Japek hingga KM 414 Tol Batang-Semarang

×

Jasa Marga Perpanjang One Way dari KM 68 Tol Japek hingga KM 414 Tol Batang-Semarang

Sebarkan artikel ini
One way di Jalan Tol yang dikelola Jasa Marga pada H-3 Lebaran, Rabu (19/4/2023). (foto: dok. Jasa Marga).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan pihaknya memperpanjang jalur searah atau one way dari KM 68 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada Rabu ini sejak pukul 10.35 WIB.

Lisye berkata, hal ini dilakukan setelah mempertimbangkan data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat signifikan dari jalan tol arah Jakarta menuju ke arah Tol Transjawa sejak Rabu dini hari tadi.

Menurut dia, meningkatnya volume lalu lintas ini dapat dipantau melalui CCTV serta didapatkan melalui laporan dari petugas kepolisian di lapangan.

Untuk memaksimalkan kapasitas transaksi di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama menuju arah Cikampek saat pemberlakuan one way, kata Lisye, maka sejak pukul 12.00 WIB Jasa Marga telah mengoperasikan total 28 gardu tol.

“Serta penambahan 17 unit mobile reader untuk memaksimalkan transaksi pengguna jalan yang menuju arah Cikampek,” kata Lisye dalam keterangannya dikutip TeropongNews di Jakarta, Rabu (19/4/2023).

Lisye menambahkan, dengan dimajukannya titik one way di KM 68, maka pengguna jalan dari Cikampek yang menuju arah Jakarta akan dialihkan ke Kota Bukit Indah untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui GT Kalihurip 2.

Selain itu, rekayasa lalu lintas lainnya yang berlaku pada H-3 Lebaran di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek adalah contraflow satu lajur dari KM 36 hingga KM 47.

“Dilanjutkan dengan contraflow dua lajur dari KM 47 hingga KM 68 sejak pukul 09.35 WIB,” tutur Lisye.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan yang menuju arah Bandung melalui Jalan Tol Cipularang agar tidak mengambil lajur contraflow.

“Contraflow hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menuju arah timur melalui Jalan Tol Trans Jawa,” kata Lisye menegaskan.

Lisye juga mewanti-wanti ke para pengguna jalan tol agar selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, dan harus mengikuti arahan petugas di lapangan.

“Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman,” kata Lisye.