Berita

Jasa Marga Catat Rekor Lalu Lintas Tertinggi Saat H-3 Lebaran

×

Jasa Marga Catat Rekor Lalu Lintas Tertinggi Saat H-3 Lebaran

Sebarkan artikel ini
Kepadatan arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama saat H-3 Lebaran Hari Raya Idul Fitri, Rabu (19/4/2023). (foto: dok. Jasa Marga).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan pihaknya mencatat rekor arus lalu lintas tertinggi pada periode arus mudik sepanjang libur Hari Raya Idulfitri di Indonesia.

Pada H-3 Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah atau Rabu (19/4/2023) kemarin, sebanyak 163.829 kendaraan meninggalkan Jabotabek yang melintas di KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya.

“Titik ini merupakan pertemuan lalu lintas kendaraan menuju arah Trans Jawa dan Cipularang. Angka ini meningkat 201,09% dari lalu lintas (lalin) normal sebesar 54.412 kendaraan atau meningkat 20,92% jika dibandingkan dengan puncak Lebaran 2022,” kata Lisye dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/4/2023).

Lisye mengeklaim, meskipun lonjakan volume lalu lintas di Tol Japek signifikan, kondisi lalu lintas di sana tetap dapat dikendalikan dengan sangat baik.

Menurut dia, hal itu tidak terlepas dari koordinasi Jasa Marga dengan Polri, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian PUPR. Di sisi bersamaan ada pula perencanaan yang lebih matang serta kesiapan teknologi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Lisye pun mengungkap tiga kunci manajemen arus lalu lintas mudik tahun 2023 ini. Pertama, kesiapan dari infrastruktur jalan tol dengan penambahan satu lajur di Jalan Tol Japek untuk kedua arahnya oleh pihak Jasa Marga.

Kedua, penggunaan teknologi traffic counting sebagai ”decision support system” yang mendukung keputusan pimpinan puncak di Polri dan Jasa Marga dalam memutuskan penanganan volume lalu lintas yang jumlahnya luar biasa.

Ketiga, koordinasi lintas sektoral yang sangat intensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara komprehensif.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD