Berita

Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol 20% untuk Arus Balik ke Jakarta

×

Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol 20% untuk Arus Balik ke Jakarta

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi kemacetan di tol saat arus mudik Lebaran. (foto: ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan pihaknya akan menambah diskon tarif 20% untuk pengguna Jalan Tol Trans Jawa pada periode arus balik Lebaran 2023. Semula ini hanya berlaku untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Kini akan berlaku dari Semarang sampai dengan Jakarta, tepatnya dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai dengan GT Cikampek Utama,” kata Lisye dalam keterangan tertulisnya diterima TeropongNews di Jakarta, Senin (24/4/2023).

Dia menjelaskan, pemberlakuan diskon 20% untuk periode arus balik akan mulai diberlakukan pada Kamis (27/4/2023) pukul 06.00 WIB hingga Sabtu (29/4/2023) pukul 06.00 WIB.

“Potongan diskon akan dilakukan di GT Cikampek Utama saja dan hanya untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta,” kata Lisye.

Dikatakannya, perjalanan dari GT Kalikangkung hingga GT Cikampek Utama akan melewati sejumlah ruas tol seperti Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Adapun besaran diskon tarif tol 20% untuk perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta bagi kendaraan Golongan I: semula Rp 372.000 menjadi Rp 297.600, diskon sebesar Rp74.400.

Kendaraan Golongan II dan III dari semula Rp 575.000 menjadi Rp 499.200, diskon sebesar Rp 75.800. Sementara kendaraan Golongan IV dari semula Rp 758.000 menjadi Rp 655.600, diskon sebesar Rp 102.400.

“Khusus untuk di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, diskon 20% hanya berlaku untuk kendaraan Golongan 1, sementara di ruas jalan tol lainnya berlaku untuk semua golongan kendaraan,” ujar Lisye.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan harus memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo e-toll dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima.

“Khusus untuk perjalanan di Jalan Tol Trans Jawa dengan sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak), hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya. Untuk itu sekali lagi, pastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol,” kata Lisye memungkasi.