Berita

Instruksi Kapolri Sigit Redam Kemacetan Parah Saat Mudik Lebaran 2023

×

Instruksi Kapolri Sigit Redam Kemacetan Parah Saat Mudik Lebaran 2023

Sebarkan artikel ini
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung, ruas Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah. (foto: Instagram/listyosigitprabowo).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan instruksi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berdampak signifikan dalam meredam kemacetan dalam momen mudik Lebaran 1444 Hijriah atau tahun 2023 ini.

Adapun strategi Kapolri dalam memperlancar dan menyukseskan arus mudik dan balik Lebaran ini di antaranya dengan menerapkan rekayasa lalu lintas berupa one way, contra flow, sampai ganjil genap.

“Alhamdulillah, Ditlantas Polda Metro Jaya dan jajaran melaksanakannya sesuai harapan,” kata Kombes Latif dalam keterangannya kepada wartawan, dikutip di Jakarta, Senin (24/4/2023).

Kombes Latif tidak memungkiri memang masih ditemui kepadatan kendaraan di beberapa ruas jalan selama arus mudik Lebaran tahun ini. Pihaknya pun berjanji akan menyiasati secara serius agar kondisi kepadatan ini terurai, dapat dikendalikan.

Menurut dia, dengan jumlah pemudik yang lebih tinggi dari Lebaran sebelumnya, pasti akan terjadi peningkatan volume kendaraan hingga menyebabkan kemacetan.

Maka itu pihaknya betul-betul menjalankan instruksi Kapolri terkait rekayasa lalu lintas mulai dari contra flow, one way, serta ganjil-genap.

“Sampai rekayasa-rekayasa yang lain, termasuk pengaturan di jalan arteri,” ucapnya.

Dikatakannya, strategi rekayasa lalu lintas di jalan tol maupun jalan arteri sejak jauh hari sudah dipersiapkan secara matang, supaya perjalanan mudik ataupun arus balik bisa lebih baik, aman, dan lancar.

“Apalagi pada tahun ini jumlah pemudik mengalami peningkatan cukup signifikan.
Kami bersyukur, semua masyarakat yang melakukan perjalanan mudik telah mengikuti seluruh aturan-aturan yang telah disiapkan demi menjamin terwujudnya kenyamanan,” ujar Kombes Latif.