Jasa Marga Berlakukan Contraflow Akses Keluar GT Ciawi 1 Arah Puncak

Contraflow setelah exit GT Ciawi 1 menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat, Senin (24/4/2023). (foto: dok. Jasa Marga).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, Panji Satriya mengatakan Jasa Marga memberlakukan contraflow akses keluar Gerbang Tol (GT) Ciawi 1 arah Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Panji berkata, contraflow menuju wilayah Puncak diberlakukan atas diskresi kepolisian, imbas peningkatan volume lalu lintas yang terjadi di Ruas Tol Jagorawi.

“Jasa Marga berlakukan contraflow pada akses keluar setelah Gerbang Tol (GT) Ciawi 1 mulai dari Km 44+500 s.d. Km 46+500 mulai pukul 06.40 WIB,” kata Panji dalam keterangan tertulisnya dikutip TeropongNews di Jakarta, Senin (24/4/2023).

Panji mengimbau ke pengguna jalan tol untuk mengantisipasi rute perjalanan untuk dapat mengoptimalkan rekayasa lalu lintas yang sedang berlaku.

Dia juga meminta pengguna jalan agar memastikan kecukupan saldo kartu elektronik (e-Toll) sebelum memulai perjalanan.

“Untuk menghindari kepadatan ketika bertransaksi di gerbang tol. Selalu patuhi rambu lalu lintas dan ikuti arahan petugas di lapangan,” kata Panji.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan instruksi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berdampak signifikan meredam kemacetan dalam momen mudik Lebaran 1444 Hijriah atau tahun 2023 ini.

Adapun strategi Kapolri dalam memperlancar dan menyukseskan arus mudik dan balik Lebaran ini di antaranya dengan menerapkan rekayasa lalu lintas berupa one way, contra flow, sampai ganjil genap.

“Alhamdulillah, Ditlantas Polda Metro Jaya dan jajaran melaksanakannya sesuai harapan,” kata Kombes Latif dalam keterangannya kepada wartawan, dikutip di Jakarta, Senin (24/4/2023).

<