Berita

Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran, Kemenhub Sortir Kendaraan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan

×

Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran, Kemenhub Sortir Kendaraan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan

Sebarkan artikel ini
Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, di DPR Senayan, Jakarta, Kamis (6/4/2023). (Foto: Mohammad Ivan/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mengoprasikan Pelabuhan Ciwandan untuk mengurai lonjakan arus mudik lebaran 2023 khususnya melalui jalur laut bersama dengan Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Hal ini tercantum dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Kemenhub, Kepolisian serta pihak pendukung lainnya.

Juru bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan telah menetapkan jenis kendaraan yang digunakan pemudik di Pelabuhan Merak dan Ciwandan untuk mengurai kepadatan di mulut Pelabuhan saat lonjakan arus mudik tiba.

“Yang terpenting membagi pelabuhan menjadi dua Merak dan Ciwandan, ucapnya dalam diskusi Toleransi Mudik 2023 di Media Center DPR Senayan, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Adita mengimbau bagi pemudik yang menggunakan roda dua dan truk bisa melalui Pelabuhan Ciwandan. Sementara untuk kendaraan roda empat dan bus bisa melalui Pelabuhan Merak.

5480
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Untuk yang namanya Pelabuhan Merak sejak tanggal 15 April – 1 Mei hanya untuk kendaraan roda empat dan bus, sementara Pelabuhan Ciwandan kendaraan roda dua dan angkutan truk dari 15 April – 1 Mei 2013,” tukas Adita Irawati.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sebanyak lima dermaga akan ditambahkan di Pelabuhan Ciwandan, Banten, pada mudik Lebaran tahun ini. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak.

“Merak-Ciwandan insyaAllah karena ada tambahan lima dermaga di sana. Kami akan kontrol, saya akan mengamati, karenanya saya minta ASDP mempersiapkan dengan baik,” kata Budi di Gedung DPR, Selasa (4/4/2023).