Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran, Kemenhub Sortir Kendaraan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan

×

Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran, Kemenhub Sortir Kendaraan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan

Sebarkan artikel ini
Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, di DPR Senayan, Jakarta, Kamis (6/4/2023). (Foto: Mohammad Ivan/TN).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mengoprasikan Pelabuhan Ciwandan untuk mengurai lonjakan arus mudik lebaran 2023 khususnya melalui jalur laut bersama dengan Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Hal ini tercantum dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Kemenhub, Kepolisian serta pihak pendukung lainnya.

Example 300x600

Juru bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan telah menetapkan jenis kendaraan yang digunakan pemudik di Pelabuhan Merak dan Ciwandan untuk mengurai kepadatan di mulut Pelabuhan saat lonjakan arus mudik tiba.

“Yang terpenting membagi pelabuhan menjadi dua Merak dan Ciwandan, ucapnya dalam diskusi Toleransi Mudik 2023 di Media Center DPR Senayan, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Adita mengimbau bagi pemudik yang menggunakan roda dua dan truk bisa melalui Pelabuhan Ciwandan. Sementara untuk kendaraan roda empat dan bus bisa melalui Pelabuhan Merak.

“Untuk yang namanya Pelabuhan Merak sejak tanggal 15 April – 1 Mei hanya untuk kendaraan roda empat dan bus, sementara Pelabuhan Ciwandan kendaraan roda dua dan angkutan truk dari 15 April – 1 Mei 2013,” tukas Adita Irawati.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sebanyak lima dermaga akan ditambahkan di Pelabuhan Ciwandan, Banten, pada mudik Lebaran tahun ini. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak.

“Merak-Ciwandan insyaAllah karena ada tambahan lima dermaga di sana. Kami akan kontrol, saya akan mengamati, karenanya saya minta ASDP mempersiapkan dengan baik,” kata Budi di Gedung DPR, Selasa (4/4/2023).

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *