Berita

Status Awas! Masyarakat Sekitar Lereng Merapi Diminta Waspada

×

Status Awas! Masyarakat Sekitar Lereng Merapi Diminta Waspada

Sebarkan artikel ini
Guguran awan panas kembali terlihat di Gunung Merapi, Sabtu (11/3/2023).(Foto: Ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas (wedus gembel) pada Sabtu (11/3/2023) pada pukul 12.12 WIB. Kepulan asap tebal terlihat dalam rekaman video amatir yang beredar di media sosial.

Menurut data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta, mengatakan aktifitas erupsi terjadi hingga pukul 12.31 WIB.

Masyarakat diimbau untuk waspada untuk menjauhi daerah bahaya dengan radius 7 kilometer terutama bila terjadi hujan abu vulkanik di area gunung Merapi.

“Jarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak. Saat ini erupsi masih berlangsung,” sebut BPPTKG dalam keterangan tertulis, dikutip TeropongNews, Sabtu (11/3/2023).

Selain itu, BPPTKG akan terus memonitor aktivitas gunung Merapi guna memastikan keamanan masyarakat setempat.

5209
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Apabila terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali,” lanjutnya.

Adapun saat ini, status Gunung Merapi masih dalam level III atau ‘siaga’ sejak november 2020.