Berita

Resmi! FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20, PSSI: Kami Akan Cari Solusi

×

Resmi! FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20, PSSI: Kami Akan Cari Solusi

Sebarkan artikel ini
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga saat konferensi pers, di SUGBK, Minggu (26/3/2023). (Foto : pssi.org).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Asosiasi Federasi Sepakbola Internasional atau biasa disebut FIFA, resmi membatalkan drawing Piala Dunia U-20 yang rencana awalnya di gelar bulan Mei mendatang di Bali.

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (26/3/2023).

Lebih lanjut, untuk pembatalan ini Ketum PSSI Erick Thohir telah menerima surat resmi dari FIFA. Dapat dikatakan federasi sepak bola tertinggi dunia tersebut mengikuti berbagai macam penolakan yang terjadi di Indonesia terhadap Timnas Israel untuk tampil dalam ajang Piala Dunia U-20.

Penolakan tersebut juga sempat dilontarkan oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster. Lalu, Arya mengatakan wajar kalau FIFA angkat suara terkait pembatalan drawing tersebut.

“Saat ini kami sedang memikirkan cara bagaimana supaya Indonesia khususnya sepak bola Indonesia, tidak dikucilkan dalam sebuah ekosistem sepak bola,” kata Arya dalan konferensi persnya di Jakarta, Sabtu (26/3/2023).

Kemudian terkait dengan waktu drawing, PSSI sendiri masih belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari FIFA dalam penyelenggaraan dan pelaksanaannya.

Lalu, Arya juga mengakui bahwa memang sangat sulit untuk memisahkan antara politik dan olahraga. Walau pun masih banyak yang menyuarakan kalau olahraga tidak bisa dicampuradukan dalam unsur politik.

“Saat ini Ketum PSSI Pak Erick Thohir sedang berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri sebagai penanggung jawab diplomasi dan politik luar negeri kita, dan kepada Kemenpora yang merupakan INAFOC atau penanggung jawab pelaksanaan Indonesia dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini,” ungkap Arya

“Demikian juga pak Ketum (Erick Thohir) akan melaporkan kepada Presiden, Pak Jokowi. Proses-proses ini mencari solusi yang terbaik untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia yang kita cintai ini,” sambungnya.

Lantas dengan kejadian ini, PSSI berharap dan memohon kepada pecinta sepak bola tanah air untuk tetap tenang. PSSI akan membicarakn masalah ini dengan FIFA dalam waktu dekat, agar menyelamatkan sepak bola Indonesia dikancah internasional.

“Kami akan mencoba mencari solusi dan bisa berbicara dengan FIFA dalam waktu dekat. Jadi karena kekhawatiran kita akan dikucilkan dari ekosistem sepak bola di dunia,” pungkas Arya.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD