Berita

Jelang Ramadan, Heru Budi Pastikan Pasokan Bahan Pokok di Jakarta Aman

×

Jelang Ramadan, Heru Budi Pastikan Pasokan Bahan Pokok di Jakarta Aman

Sebarkan artikel ini
Suasana Rapat High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota, Senin (20/3/2023). (Foto : ppid.jakarta.go.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Rapat High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono. Pembahasan terkait kesiapan dalam menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yakni Ramadan serta Idul Fitri 1444 Hijriah tahun ini di Balai Kota, pada Senin (20/3/2023).

Dalam rapat tersebut Heru berkata DKI Jakarta memiliki pangsa ekonomi dan inflasi tertinggi di Indnesia, maka dari itu perbaikan ekonomi dan pengendalian inflasi berdampak besar pada bulan Februari 2023. Melalui data, inflasi DKI Jakarta terendah dibandingkan provinsi lainnya se-Indonesia, sebesar 4,07% (year on year). 

“Bapak Presiden telah memberikan arahan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan langkah-langkah pengendalian inflasi, memantau dan menjaga pasokan, serta harga bahan pokok. Terutama jelang Ramadan dan Idulfitri, kami harus memantau dan menjaga laju inflasi tetap terkendali. Untuk itu, kami di Jakarta juga beberapa kali langsung turun ke pasar untuk memantau secara langsung,” kata Pj. Gubernur Heru dalam situs ppid.jakarta.go.id dikutip TeropongNews, Selasa (21/3/2023).

Berdasarkan perhitungan prognosa Kebutuhan Pangan 2023, diperkirakan menjelang bulan Ramadan 2023 akan ada kenaikan kebutuhan pangan diangka 3,88%-10,70% dan menjelang HBKN Idul Fitri 2023 terjadi kenaikan diangka 4,54%-14,43%.

“Kami memastikan ketersediaan sepuluh komoditas pangan strategis (beras, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam ras, cabai keriting, cabai rawit merah, bawang putih, bawang merah, gula pasir, dan minyak goreng) saat Ramadan dan Idulfitri dalam kondisi cukup, serta terdapat pada BUMN, BUMD Pangan, pedagang pengecer,” jelas Pj. Gubernur Heru. 

Kemudian untuk ketersediaan gas LPG 3 kilogram saat jelang Ramadan dan Idulfitri juga dalam kondisi yang dinilai aman. Upaya ini merupakan bukti kerja nyata dari Pj. Gubernur Heru untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi di DKI Jakarta.

“Kami mengimbau warga tetap tenang dan bijak dalam berbelanja karena ketersediaan stok dan pasokan dalam kondisi aman. Warga dapat melihat harga konsumen melalui Info Pangan Jakarta (IPJ) di situs infopangan.jakarta.go.id dan aplikasi JAKI pada fitur Jak Pangan,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Rapat ini dilakukan bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).