Berita

Kadis Kesehatan R4 Instruksikan Jajarannya Sosialisasi GERMAS Untuk Masyarakat

×

Kadis Kesehatan R4 Instruksikan Jajarannya Sosialisasi GERMAS Untuk Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Raja Ampat, Rahman Putra Saat di wawancarai, Selasa (13/12/2022) Foto Hizkia /TN

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT – Pemerintah Kabupaten Raja Ampat melalui Kepala Dinas Kesehatan Rahman Putra menginstruksikan jajarannya untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait program GERMAS yang merupakan program prioritas kementrian kesehatan republik Indonesia di wilayah kerja masing-masing.

Menurutnya Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (Germas) merupakan Program Prioritas kementrian kesehatan yang harus di suarakan secara terus menerus kepada warga masyarakat.

“Germas merupakan program kementrian yang diharapkan kepada seluruh jajaran dinas kesehatan baik kabupaten/kota maupun provinsi sampai pada kementrian sebagai program prioritas yang harus disuarakan kepada masyarakat menyangkut Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (GERMAS),” ujar Rahman Putra saat di temui di lokasi kegiatan Germas, Phuyaka Mengge Waisai, Selasa (13/12/2022).

Sebagai OPD Teknis yang membidangi masalah hidup bersih dan lingkungan yang sehat, Kadis Kesehatan Kabupaten Raja Ampat mengatakan Program Germas merupakan hal yang sangat penting untuk di sampaikan kepada masyarakat melalui Petugas Kesehatan baik Puskemas maupun Pustu yang tersebar di Kabupaten Raja Ampat.

“Germas merupakan hal yang sangat penting untuk di sampaikan kepada masyarakat, bagaimana kita merubah pola hidup kita bersih dan sehat, ini hal yang sangat perlu dan penting untuk di sampaikan,” tegas Rahman Putra.

5196
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sebagai Kepala Dinas Kesehatan, Rahman Putra menyebutkan bahwa Terkait masalah Germas, ada 7 langkah yang dapat menjadi panduan menjalani pola hidup yang lebih sehat, yaitu :

  1. Melakukan Aktifitas Fisik
  2. Mengonsumsi Buah dan Sayur
  3. Tidak Merokok
  4. Tidak Minum Alkohol
  5. Rutin Pemeriksaan Kesehatan
  6. Menjaga Kebersihan Lingkungan
  7. Menggunakan Jamban.

Ia berharap setelah mengikuti kegiatan Germas, 28 Peserta ini diharapkan kembali ke tempat tugas masing-masing dan memberikan pemahaman kepada masyarakat di sekitar tempat tugas masing-masing tentang pola hidup sehat.

“Kita berharap dari 28 peserta yang ikut kegiatan Germas ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pola hidup sehat,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Thomson Simanjuntak, Kepala seksi kesehatan lingkungan dan Kesehatan jasmani dan olaharaga Dinas Kesehatan Kabupaten Raja Ampat menjelaskan bahwa terkait Germas, Saat ini Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kesehatan memberikan bantuan sebesar 100 juta rupiah untuk kegiatan teknologi tepat guna sanitasi.

Dijelaskan Thomson, untuk di Raja Ampat wilayah Misool ada dua kampung yang di rencanakan akan mendapatkan bantuan tersebut yaitu Kampung Biga dan Kampung Yellu.

“Sekarang ini kami dapat bantuan dari pemerintah pusat, contohnya untuk kampung Biga 100 juta itu bantuan dari kementrian kesehatan untuk kegiatan teknologi tepat guna sanitasi, itu khusus untuk jamban sehat dengan cuci tangan pakai air bersih, untuk kampung Yellu juga mendapatkan bantuan 100 juta dari kementrian kesehatan untuk kegiatan yang sama,” beber Thomson Simanjuntak.